Koneksi Jaringan Komputer

Tags

Jaringan komputer yakni jaringan telekomunikasi yg memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer yakni semoga sanggup mencapai tujuannya, setiap bab dari jaringan komputer sanggup meminta serta menunjukkan layanan (-SERVICE-).

Pihak yg meminta / mendapatkan layanan disebut Klien (-CLIENT-) serta yg menunjukkan atau  mengirim layanan disebut Peladen (-SERVER-). Desain ini disebut dengan sistem CLIENT-SERVER, serta dipakai pada hampir seluruh Aplikasi jaringan komputer.


KONEKSI PEER TO PEER

  *   Tidak ada SERVER yg ditunjuk.
  *   Ada Hirarki antara komputer (semua komputer dalam status yg sama)
  *   Setiap Fungsi, sebagai SEVER kepada klien untuk memberi layanan.
  *   Biasanya tidak ada Administrator. Security terpisah disediakan oleh Database direktori lokal pada setiap komputer.

JARINGAN KLIEN / SERVER

  *   KLIEN (Stasiun Kerja)
Klien komputer meminta layanan / data pada jaringan dari komputer tetentu ke server lain.

  *   SERVER
Komputer yg menyediakan layanan untuk komputer klien Beberapa server sanggup ditugaskan untuk layanan tertentu. Seperti
-  File
-  Printer Server
-  Fax Server
-  Database Server
-  Mail Server

+  Administrasi Jaringan (Keamanan, Pemeliharaan, ....... dll)
+   Mendukungan sejumlah besar klien.

Jaringan yakni koneksi dilakukan melalui koneksi hubungan antara dua atau lebih perangkat. Perangkat sanggup komputer, printer atau perangkat lain yg bisa untuk mengirim serta mendapatkan data. Ada dua cara untuk menghubungkan perangkat:
  -   Koneksi Point-to-Point
  -   Koneksi Multipoint

Koneksi Point-to-Point
Point-to-Point Protocol (-PPP-) yakni data link protokol yg umum dipakai dalam membangun hubungan eksklusif antara dua NODE JARINGAN. Hal ini sanggup menyediakan Koneksi Otentikasi, Transmisi Enkripsi (menggunakan ECP, RFC 1968), serta Kompresi. Protokol ini yg dipakai sebagai penghubung komunikasi antara dua perangkat.

Menyediakan LINK khusus (Sambungan jalur yg mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya) antara dua perangkat. Dengan Kapasitas Seluruh dari link disediakan untuk transmisi antara dua perangkat.

Contoh yg paling umum untuk koneksi Point-to-Point (-PPP-) yakni sebuah komputer yg terhubung dengan saluran telepon.

Kita bisa menghubungkan dua perangkat dengan cara sepasang kabel atau memakai Microwave link atau Satelit. Contoh: Point-to-Point hubungan antara remote control serta Televisi untuk mengubah saluran.


Koneksi Multipoint
Koneksi Multipoint dari sejumlah terminal secara paralel, analog dengan koneksi multidrop. Kasertag-kasertag istilah yg dipakai secara sinonim, meskipun multidrop ketat menyiratkan bahwa koneksi semua disajikan dari titik koneksi umum (-NODE-)

Sesertagkan Multipoint menyiratkan bahwa koneksi yg dibentuk melalui serangkaian (ANALOG) menjembatani koneksi di mana beberapa atau semua terminal yg dilayani oleh perkantoran pengangkut umum yg berbeda dihubungkan oleh batang komunikasi.

Hal ini pun disebut konfigurasi MULTIDROP. Dalam hubungan ini dua atau lebih perangkat membuatkan satu link.

Ada dua jenis Koneksi Multipoint:
  -   Jika link yg dipakai secara bersamaan antara banyak perangkat, maka  konfigurasi SPATIALLY SHARED jalur bersama.
  -   Jika pengguna bergiliran ketika memakai link,  maka  konfigurasi TIME SHARED


Koneksi Point-To-Multipoint
Dalam Sistim Telekomunikasi, Point-to-MultiPoint (-P2MP/ProdusenMP/PMP-) diterapkan, Ini yakni komunikasi yg dilakukan melalui tipe yg berbeda dari satu-ke-banyak koneksi, menyediakan beberapa jalur dari satu lokasi ke beberapa lokasi.



Point-to-Multipoint telekomunikasi yg paling bamnyak dipakai di Internet Nirkabel serta IP Telephony melalui Frekuensi Radio Gigahertz. Sistem P2MP telah didesain baik sebagai Sistem Tunggal serta Bi-Directional. Sebuah antena sentra atau siaran antena array ke beberapa peserta antena serta sistem ini memakai bentuk Time-Division Multiplexing.

BANDWIDTH mempunyai sejumlah makna teknis alasannya mempopulerkan INTERNET,  umumnya disebut volume gosip per satuan waktu yg media transmisi (seperti Koneksi Internet)
ANALOGI : Bandwidth Data yg tersedia menyerupai air dengan ukuran pipa. Bandwidth meningkat, Jumlah Data meningkat yg mengalir dalam jumlah waktu tertentu, menyerupai sebagai ukuran meningkat pipa, Koneksi Internet dengan bandwidth yg lebih besar sanggup memindahkan sejumlah set data (katakanlah, file video) jauh lebih cepat daripada koneksi dunia maya dengan bandwidth yg lebih rendah.

GRATIS sanggup memakai alat yg tersedia di situs Tes Kecepatan Internet.


Rentang  GEOGRAFIS
Secara Geografis jaringan sanggup dilihat dalam salah satu kategori berikut:
  -   Mungkin membentang dimeja Anda, Antara perangkat Bluetooth,.tak lebih beberapa meter.
  -   Mungkin membentang melintasi seluruh Bangunan.
  -   Mungkin termasuk perangkat mediator yg menghubung kan semua lantai.
  -   Mungkin membentang di seluruh kota.
  -   Mungkin membentang di beberapa kota atau Provinsi.
  -   Mungkin salah satu jaringan yg meliputi seluruh Dunia.


Inter-Konektivitas
Komponen jaringan sanggup terhubung satu sama lain berbeda dalam beberapa mode.
Terhubungan yg Logis, Fisik, atau kedua-duanya.
  -   Setiap perangkat  dihubungkan keperangkat lain dijaringan, menciptakan Jaringan Jala.
  -   Semua perangkat dihubungkan ke media tunggal ecara Geografis, membuat Struktur Bus.
  -   Setiap perangkat terhubung ke rekan-rekan kiri serta kanan saja, membuat Struktur Linear.
  -   Semua perangkat terhubung bersama dengan satu perangkat, membuat Struktur Bintang.
  -   Semua perangkat Koneksi otoriter memakai semua cara sebelumnya untuk menghubungkan satu sama lain, sehingga menghasilkan Struktur Hybrid.


Administrasi
Sudut pansertag ADMINITRATOR.
Jaringan Pribadi mempunyai Sistem Otonom Tunggal serta tidak sanggup diakses diluar jaringan.
Secara Fisik atau Logis Jaringan Publik yg sanggup diakses oleh semua.


Arsitektur Jaringan
Jaringan komputer sanggup dibedakan menso aneka macam jenis menyerupai Client-Server, Peer-to-Peer atau Hybrid, tergantung pada Arsitektur.
  -   Ada sanggup satu atau lebih sistem bertindak sebagai Server.
       Lainnya menso Client, meminta Server untuk melayani.
  -   Dua sistem sanggup dihubungkan Point-to-Point, atau di Back-to-Back Fashion.
       Mereka berdua berada pada tingkat yg sama serta disebut rekan-rekan (-PEER-)
  -   Ada sanggup jaringan Hibrida yg melibatkan arsitektur jaringan dari kedua jenis di atas.


Aplikasi Jaringan
Sistem komputer serta perangkat lain yg terhubung untuk membentuk Jaringan.
Akan menunjukkan kegunaan tersendiri.
  -   Berbagi Sumber Daya menyerupai Printer serta perangkat Penyimpanan
  -   Pertukaran Informasi dengan cara e-Mails serta FTP
  -   Berbagi Informasi dengan memakai Web atau Internet
  -   Interaksi dengan pengguna lain memakai halaman Web Dinamis
  -   Telepon IP
  -   Konferensi Video
  -   Komputasi Paralel
  -   Pesan Singkat


[ Modbus Slave & Modbus Master
[ Notes On Computer Network
[ Computer Network - Data Communication and Internet
[ Computer Networking Principle
[ HP all-in-one Network Guide
[ IBM Networking - Connecting to the Internet
[ Introducing Basic Networks Concept
[ Introduction Computer Networking






Artikel Terkait