Jenis Resistor Non-Linier

Tags

(-KOMPONEN PASIF-)

JENIS RESISTOR
Resistor tersedia dalam ukuran yg berbeda, Bentuk serta bahan. Akan membahas semua kemungkinan Jenis Resistor satu persatu secara rinci dengan pro serta kontra serta aplikasi / Penggunaan.
[  RESISTOR LINIER  ]          [  RESISTOR NON-LINIER  ]

RESISTOR NON-LINIER
Kita tahu bahwa, resistor nonlinier yaitu mereka resistor, dimana arus yg mengalir melalui itu tidak berubah sesuai dengan aturan Ohm tetapi, perubahan dengan perubahan suhu atau tegangan diterapkan.

Selain itu, jikalau arus mengalir melalui perubahan resistor dengan perubahan suhu tubuh, maka jenis-jenis resistor disebut thermisters. Jika arus yg mengalir melalui perubahan resistor dengan tegangan diterapkan, maka itu disebut Varistor atau VDR (Voltage Dependent Resistors).

Berikut ini yaitu jenis komplemen Non Resistor Linear.
1. Thermister
2. Varister (VDR)
3. Photo Resistor atau Sel Photo Konduktif atau LDR
4. Surface Mounted

2.1.  THERMISTER
        Thermisters 
Thermisters yaitu dua perangkat terminal yg sangat sensitif terhadap suhu. Dengan kata lain, thermisters yaitu jenis variabel resistor yg pemberitahuan perubahan suhu.

Thermisters terbuat dari kobalt, nikel, Strontium serta oksida metal Mangan. Perlawanan dari thermister berbanding terbalik dengan suhu.
Ketahanan yaitu meningkat saat penurunan suhu serta sebaliknya.
2.2.  VARISTER
        Varisters (VDR)
Varisters yaitu tegangan tergantung Resistor (VDR) yg dipakai untuk menghilangkan transien tegangan tinggi. Dengan kata lain, tipe khusus dari variabel resistor dipakai untuk melindungi sirkuit dari lonjakan tegangan yg merusak disebut varisters.

Ketika meningkat tegangan (karena pencahayaan atau garis kesalahan) di perangkat sensitif yg terhubung atau sistem, maka mengurangi tingkat tegangan ke tingkat kondusif yaitu perubahan tingkat tegangan.

2.3.  PHOTO RESISTOR
        Photo Resistor
        Photo Conductive Cell
        LDR (Light Dependent Resistors)
Foto Resistor atau LDR (Light Dependent Resistor) yaitu resistor yg nilai terminal perlawanan berubah dengan Intensitas Cahaya.

Dengan kata lain, mereka resistor, yg resistensi nilai perubahan dengan jatuh cahaya pada permukaan mereka disebut Photo Resistor atau Photo konduktif Sel atau LDR (Light Dependent Resistor).

Bahan yg dipakai untuk menciptakan jenis-jenis resistor disebut konduktor foto, contohnya kadmium sulfida, timbal sulfida dll
Ketika cahaya jatuh pada sel fotokonduktif (LDR atau Foto resistor), maka ada peningkatan operator gratis (pasangan lubang elektron) alasannya yaitu energi cahaya, yg mengurangi kendala dari materi semikonduktor (yaitu jumlah energi cahaya berbanding terbalik untuk materi semikonduktor).
Ini berarti resistor foto mempunyai koefisien temperatur negatif.

Aplikasi serta Penggunaan photoresistors / Sel fotokonduktif atau LDR
jenis resistor yg dipakai dalam alarm pencuri, Pembuka Pintu, detektor api, detektor Smock, pengukur cahaya, cahaya diaktifkan estafet sirkuit kontrol, industri, serta komersial otomatis kontrol lampu jalan serta perangkat fotografi serta peralatan.

2.4.  RESISTOR TEKNOLOGI PERMUKAAN
        SMD (Surface Mount Technology) Resistors
Resistor Teknologi Permukaan (SMT) yaitu metode untuk memunitsi sirkuit elektronik di mana komponen yg dipasang atau ditempatkan pribadi ke permukaan papan sirkuit cetak (PCB).

Sehingga disebut perangkat permukaan (SMD). Dalam industri telah digantikan metode teknologi konstruksi melalui lubang komponen pas dengan kawat mengarah ke lubang di papan sirkuit.

Kedua teknologi sanggup dipakai pada papan yg sama, dengan teknologi melalui lubang yg dipakai untuk komponen tidak cocok untuk permukaan pemasangan menyerupai transformer besar serta semikonduktor daya panas.






Artikel Terkait