Mengetahui Perihal Internet Of Things

Tags

Dikenal pun dengan singkatan' IoT, Merupakan sebuah konsep yg bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas dunia maya yg tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan menyerupai mengembangkan Data, Remote Control, serta sebagainya.


Contohnya Bahan pangan, Elektronik, Koleksi, Peralatan apa saja, termasuk benda hidup yg semuanya tersambung ke Jaringan Lokal serta Global melalui Sensor yg tertanam serta selalu Aktif.

Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yg sanggup diidentifikasikan secara unik sebagai Representasi Virtual dalam struktur berbasis Internet.

Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 serta mulai populer melalui Auto-ID Center di MIT. Dan kini IoT menso salah satu kiprah bagi seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi tinggi.

TERIDENTIFIKASI

Ide Sebenarnya dari Auto - ID Center berbasis pada Radio Frequency Identification (-RFID-) serta identifikasi yg unik melalui Electronic Product Code namun hal ini telah berkembang menso obyek yg mempunyai alamat Intenet Protocol (-IP-) / Uniform Resource Identifier (-URI-).
Obyek itu sendiri terhubung dengan objek lainnya secara otomatis menyerupai halnya suatu server terpusat yg terhubung pribadi dengan kliennya serta dikendalikan oleh Manusia. Identifikasi setiap detil nya memakai Bar Code, QR Code serta RFID.

CARA KERJA

Dengan memanfaatkan sebuah argumentasi pemrograman yg dimana tiap-tiap perintah argumennya itu menghasilkan sebuah interaksi antara sesama mesin yg terhubung secara otomatis tanpa campur tangan insan serta dalam jarak berapa pun.
Internetlah yg menso penghubung di antara kedua interaksi mesin tersebut, sementara insan hanya bertugas sebagai pengatur serta pengawas bekerjanya alat tersebut secara langsung.

RUMAH TANGGA
Sektor rumah tangga ketika ini bermacam-macam serta cepat berubah, disusun dalam tiga segmen.
Infrastruktur, meliputi Kabel, Akses Jaringan serta Manajemen Energi Rumah.
Kesadaran/Keamanan, meliputi Keamanan serta Alarm kebakaran rumah, pemantauan lansia (tidak Klinis) serta Anak-anak.
Kenyamanan Hiburan, meliputi Pengendalian iklim, administrasi pencahayaan, peralatan serta hiburan.
Sektor ini kini meliputi eReaders, Photoframes Digital, Game konsol serta Cincin / pengering serta Alarm Rumah.

PEMBANGUNAN
Diatur dalam
Komersial/Kelembagaan, meliputi toko-toko serta supermarket, gedung perperkantoranan serta departemen pemerintah,
Segmen Industri, meliputi bangunan pabrik, serta perumahan.
Perangkat yg kemudian sanggup dihubungkan untuk memperlihatkan pelayanan kepada pengguna.
Kontrol akses, Manajemen pencahayaan, Sensor kebakaran, sistem keamanan serta lain-lain yg berada di gedung-gedung serta akomodasi di kedua segmen.

KEAMANAN
Publik sangat luas serta dibagi menso lima segmen:
Layanan darurat, meliputi polisi, pemadam kebakaran, jasa ambulans serta kerusakan kendaraan beroda empat serta layanan pengaturan. Termasuk instalasi unit gawat darurat.
Infrastruktur Publik, meliputi pemantauan lingkungan termasuk dataran banjir, instalasi pengolahan air. Berkaitan dengan iklim serta meteorologi.
Pelacakan meliputi insan (pekerja mandiri, parolees, dll), hewan, pengiriman serta pos, kemasan serta pelacakan bagasi.
Peralatan meliputi senjata militer, kendaraan militer, kapal, pesawat serta peralatan lainnya.
Pengawasan, meliputi pengawasan tetap (CCTV, Kamera Kecepatan) serta keamanan militer serta Radar/Satelit.

KESEHATAN
Kesehatan meliputi Telemedicine, rumah jompo, serta perawatan kesehatan di rumah termasuk pemantauan jarak jauh. Misalnya alat pacu jantung jantung ditanamkan untuk orang renta (klinis).
Aplikasi ini memberdayakan pasien serta dokter sama untuk melaksanakan penelitian yg makin anggun serta pilihan pengobatan. Melacak peralatan Lab, menyerupai Sentrifus, Inkubator, freezer serta peralatan tes darah.
Perawatan meliputi Rumah Sakit, ER, Ponsel POC, Klinik, dll.
VIVO (berasal dari Spanyol: vivo[vivo, "hidup"]) /rumah meliputi Implan (pacu jantung, dll),
Sistem Pemantauan Rumah. Penelitian yg meliputi Penemuan Obat, Diagnostik serta peralatan Lab.

PERDAGANGAN
Perdagangan yg meliputi Sistem Jaringan serta Perangkat yg memungkinkan pengecer untuk mempunyai peningkatan visibilitas rantai pasokan, konsumen serta mengumpulkan informasi unit, meningkatkan kontrol persediaan, mengurangi konsumsi energi, serta penelusuran aset serta keamanan.
Ini termasuk angka penjualan peralatan, Mesin penjual (makanan / minuman, rokok, unit bernilai tinggi menyerupai CD),alat pembayaran parkir, Peralatan (pompa bensin, pencuci / pengering, pendingin, pembersih mobil) Layanan, Hiburan (mesin game, sistem suara) serta Signage / tampilan (billboard, display) serta sistem RFID (penandaan barang), dll.
Sektor ini dibagi menso tiga segmen utama:
Toko, meliputi supermarket, sentra perbelanjaan, serta situs toko tunggal serta sentra pengiriman.
Perhotelan meliputi hotel, restoran, bar, kafe serta klub.
Khusus meliputi SPBU, game, bowling, bioskop, konser, balap, serta pameran.

INDUSTRI
Industri meliputi pemantauan serta pelacakan aset, yg melibatkan pemantauan diskrit aset atau perangkat untuk memastikan performa uptime, kontrol versi, serta analisis lokasi untuk banyak sekali proses industri pabrik.
Proses ini tersegmentasi sebagai berikut:
Konversi / Diskrit meliputi tank, fabrikasi, perakitan / kemasan.
Distribusi meliputi infrastruktur / rantai persediaan.
Sumber Otomasi meliputi pertanian, irigasi, pertambangan, gusertag, pabrik / tanaman.

TRANSPORTASI
Transportasi dibagi menso tiga segmen utama:
Kendaraan. Ini termasuk kendaraan telematika, pelacakan serta komunikasi dengan mobil, truk serta trailer. Kendaraan telematika kemudian memungkinkan layanan menyerupai navigasi, diagnostik kendaraan, serta pencarian kendaraan yg dicuri. Daerah yg berafiliasi dengan kendaraan lainnya termasuk off-highway (misalnya konstruksi, pertanian)
Non-Kendaraan. Transportasi non-kendaraan termasuk pesawat, kereta api, kapal/perahu.
Sistem Transportasi. Transportasi Sistem meliputi layanan informasi untuk penumpang , denah pembayaran jalan, denah parkir, terutama di kota-kota.

TEKNOLOGI JARINGAN DAN ENERGI
Dibagi menso dua segmen utama:
Jaringan perusahaan, meliputi peralatan perkantoran menyerupai mesin fotokopi, printer, mesin cap serta pemantauan jarak jauh PBXs, IT / komponen sentra data serta komponen jaringan pribadi.
Jaringan publik termasuk infrastruktur pembawa menyerupai menara selular, sentra data publik, sistem pasokan listrik serta penyejuk ruangan. Kategori ini berbeda dari administrasi akomodasi di sektor pembangunan.
Sektor Energi diatur ke dalam tiga segmen pasar:
Pasokan/Permintaan, yg meliputi pembangkit listrik, transmisi / pengiriman, kualitas daya serta Manajemen Energi. Meliputi pembangkit listrik dari sumber-sumber tradisional - materi bakar fosil, hidro serta nuklir.
Alternatif, meliputi sumber gres termasuk sumber energi terbarukan menyerupai cahaya, angin, pasang serta elektrokimia.
Minyak/Gas, yg terdiri dari aplikasi serta perangkat yg dipakai untuk mengekstrak serta mengangkut komoditas ini. Meliputi rig, derek, kepala sumur, pompa serta pipa.

Banyak manfaat yg didapatkan dari dunia maya of things. Pekerjaan yg kita lakukan menso cepat, mudah, serta efisien. Kita pun bisa mendeteksi pengguna dimanapun ia berada.

[  Internet of Things - Wireless Sensor Networks
[  Internet of Things Applications
[  Internet of Things for Smart Environments
[  The Internet of Things - An Overview - ISOC
[  The Internet of Things - ITU
[  The Internet of Things for Global Development
[  The Internet of Things - CISCO
[  Understanding the Internet of Things (IoT)



Artikel Terkait