Transformator

Tags

(-KOMPONEN PASIF-)

TRANSFORMATOR

Atau TRAFO yaitu alat yg memindahkan tenaga listrik antar dua Rangkaian Listrik atau lebih melalui Induksi Elektromagnetik.


Bekerja menurut prinsip Induksi Elektromagnetik.  Tegangan masukan Bolak-Balik (AC) yg membentangi Primer mengakibatkan Fluks Magnet yg idealnya semua bersambung dengan Lilitan Sekunder.

Fluks Bolak-Balik ini menginduksikan gaya gerak listrik (GGL) dalam lilitan sekunder. Jika efisiensi sempurna, semua daya pada Lilitan Primer akan dilimpahkan ke Lilitan Sekunder.


JENIS TRANSFORMATOR


01.  STEP-UP
Transformator yg mempunyai lilitan Sekunder lebih banyak daripada lilitan Primer, sehingga berfungsi sebagai Penaik Tegangan.

Transformator ini biasa ditemui pada pembangkit tenaga listrik sebagai penaik tegangan yg dihasilkan Gnerator menso tegangan tinggi yg dipakai dalam transmisi jarak jauh.


02.  STEP-DOWN
Memiliki lilitan Sekunder lebih sedikit daripada lilitan Primer, sehingga berfungsi sebagai Penurun Tegangan.

Transformator jenis ini sangat gampang ditemui, terutama dalam adaptor AC-DC.


03.  AUTO-TRANSFORMATOR
Jenis ini hanya terdiri dari satu lilitan yg berlanjut secara listrik, dengan Sadapan Tengah. Dalam transformator ini, sebagian lilitan Primer pun merupakan lilitan Sekunder.


Fasa arus dalam lilitan sekunder selalu berlawanan dengan arus primer, sehingga untuk tarif daya yg sama lilitan sekunder dibentuk dengan kawat yg lebih tipis ketimbang transformator biasa.




Keuntungan Auto-Transformator yaitu ukuran fisiknya kecil. Kerugian yg lebih rendah dari jenis dua lilitan.  Tetapi transformator jenis ini tidak sanggup memperlihatkan isolasi secara listrik antara lilitan primer dengan lilitan sekunder.




04. AUTO-TRANSFORMATOR VARIABLE
Sebenarnya yaitu Auto-Transformator biasa yg Sadapan Tengahnya sanggup Diubah-ubahUntuk memperlihatkan perbandingan lilitan Primer-Sekunder yg Berubah-ubah.



05.  TRANSFORMATOR ISOLASI
Transformator isolasi mempunyai lilitan sekunder berjumlah sama dengan lilitan primer, sehingga tegangan sekunder sama dengan tegangan primer. Tetapi beberapa desain, gulungan Sekunder dibentuk lebih banyak untuk Mengkompensasi Kerugian.


Transformator menyerupai ini berfungsi sebagai isolasi antara dua kalang. Untuk penerapan Audio, Transformator jenis ini telah banyak digantikan oleh Kopling


06.  TRANSFORMATOR PULSA
Didesain Khusus untuk memperlihatkan keluaran Gelombang Pulsa. Transformator jenis ini memakai material Inti yg cepat Jenuh sehingga sehabis arus Primer mencapai titik tertentu,



Fluks Magnet berhenti berubah. Karena GGL Induksi pada lilitan sekunder hanya terbentuk kalau terso perubahan Fluks Magnet, Transformator hanya memperlihatkan keluaran dikala inti tidak jenuh, yaitu dikala arus padaLlilitan Primer Berbalik Arah.


07.  TRANSFORMATOR TIGA PHASE
Transformator tiga fase (3-Phase) bekerjsama yaitu Tiga Transformator yg dihubungkan secara khusus satu sama lain. Lilitan Primer dihubungkan secara Bintang ( Y ) serta lilitan Sekunder dihubungkan secara Delta (  ).



Transformers Course (74)
Transformer - Principles and Practices (52) - Md.A. Salam
The Transformer (21)
Module 11 - Transformers (21) - AC Theory
Potential Transformers (11) - tyco
Three_Phase_Transformers (12) - Research Gate
Basics, Maintenance, and Diagnostics (256)
Unit 14 - TRANSFORMERS (24)




Artikel Terkait