Diode

Tags

(-KOMPONENN AKTIF-)

DIODE
Kmponen aktif dua kutub yg pada umumnya bersifat Semikonduktor, yg memperbolehkan arus listrik mengalir ke satu arah (Kondisi Panjar-Maju) serta menghambat arus dari arah sebaliknya (Kondisi Panjar-Mundur).

Diode sanggup disamakan sebagai Fungsi Katup di dalam bisertag Elektronika. 

Diode bekerjsama tidak memperlihatkan karakteristik kesearahan yg sempurna, melainkan mempunyai karakteristik relasi arus serta tegangan kompleks yg tidak linier serta seringkali tergantung pada teknologi atau material yg dipakai serta parameter penggunaan.

Beberapa jenis diode pun mempunyai fungsi yg tidak ditujukan untuk penggunaan penyearahan.

Awal mula dari diode yaitu peranti Kristal Cat's Whisker serta Tabung Hampa (Juga disebut Katup Termionik).  Saat ini diode yg paling umum dibuat dari materi Semi-Konduktor menyerupai Silikon atau Germanium.

JENIS DIODA

Terbagi menso beberapa bagian, mulai dari Light Emiting Diode (Dioda Emisi Cahaya) yg biasa disingkat LED, Diode Photo (Dioda Cahaya), Diode Varactor (Dioda Kapasitas), Diode Rectifier (Dioda Penyearah) serta yg terakhir yaitu Diode Zener yg biasa disebut pun sebagai Voltage Regulation Diode.  Semua jenis dioda mempunyai fungsi yg berbeda-beda sesuai dengan nama Dioda itu.


DIODA BIASA
Biasanya dibuat dari silikon tercemar atau yg lebih langka dari Germanium. Sebelum pengembangan diode penyearah Silikon Modern, dipakai Kuprous Oksida (Kuprox) serta Selenium. 

Pertemuan ini memperlihatkan efisiensi yg rendah serta penurunan tegangan maju yg lebih tinggi (biasanya 1.4–1.7 V tiap pertemuan, dengan banyak lapisan pertemuan ditumpuk untuk mempertinggi ketahanan terhadap tegangan terbalik), serta memerlukan benaman materi yg besar (kasertag-kasertag perpanjangan dari substrat metal dari dioda), jauh lebih besar dari diode Silikon untuk rating Arus yg sama.


LIGHT EMITTING DIODA
Dioda pemancar cahaya (LED) yaitu sumber cahaya semikonduktor dua-lead. Ini yaitu persimpangan dioda P-N, memancarkan cahaya ketika diaktifkan. 

Ketika tegangan cocok diterapkan pada lead, Elektron sanggup bergabung kembali dengan lubang elektron dalam perangkat, melepaskan energi dalam bentuk foton. Efek ini disebut Electroluminescence, serta warna cahaya (sesuai dengan energi dari Foton) ditentukan oleh Celah Pita Energi Semikonduktor.


DIODA SCHOTTKY
Schottky diode (Fisikawan Jerman Walter H. Schottky), sebagai pembawa dioda panas, Dioda semikonduktor dibuat oleh persimpangan semikonduktor dengan metal.

Memiliki drop tegangan maju rendah serta tindakan beralih sangat cepat.


TUNNEL DIODA
Dioda terowongan atau Esaki Dioda yaitu jenis Semikonduktor yg bisa operasi yg sangat cepat, baik ke daerahFfrekuensi Gelombang Mikro, yg dimungkinkan oleh penggunaan Efek Mekanika Kuantum yg disebut Tunneling.

Ini diciptakan pada bulan Agustus 1957 oleh Leo Esaki dikala ia bersama Tokyo Tsushin Kogyo, kini dikenal sebagai Sony.


VARICAP DIODA
Dioda Varicap, Varactor diode, Variabel Kapasitansi Dioda, Variabel Reaktansi Dioda atau Tala Dioda, Jenis Dioda yg didesain untuk mengeksploitasi Kapasitansi Tegangan dari P-N Junction Bias-Terbalik.


ZENER DIODA
Memungkinkan Arus Mengalir dari Anoda ke Katoda yg menyerupai Dioda Semikonduktor Normal, tetapi pun memungkinkan arus mengalir dalam arah sebaliknya ketika yg "Tegangan Zener" tercapai.

Zener Dioda mempunyai P-N junction sangat padatd. Dioda biasa pun akan memecah dengan tegangan balik tapi tegangan serta ketajaman lutut tidak serta didefinisikan sebagai untuk dioda Zener. Dioda biasa tidak didesain untuk beroperasi di Breakdown, Zener Dioda dipercaya bisa beroperasi di wilayah ini.


PHOTO DIODA
Semikonduktor yg mengubah Cahaya menso Srus. Saat ini dihasilkan ketika foton diserap dalam Dioda. Sejumlah kecil dikala ini pun diunitsi ketika ada Cahaya hadir. Dioda mungkin berisi Filter Optik, serta mungkin mempunyai area permukaan besar atau kecil. 

Dioda biasanya mempunyai waktu Respon yg lebih lambat sebagai luas permukaan mereka bertambah.



TRANSIENT VOLTAGE SUPPRESSION
Transient Tegangan-Penekanan (TVS) Diode atau Thyristor merupakan komponen Elektronik yg dipakai untuk melindungi Elektronik dari lonjakan Tegangan Induksi pada kabel yg terhubung.



DIODA BRIDGE
Susunan Empat (atau lebih) Dioda di jembatan sirkuit konfigurasi yg menyediakan Polaritas Output yg sama untuk kedua Polaritas input.

Untuk konversi dari arus bolak-balik (AC) masukan ke dalam arus (DC) output langsung, itu dikenal sebagai penyearah jembatan. 

Sebuah jembatan penyearah memperlihatkan gelombang penuh perbaikan dari AC input dua kawat, sehingga menurunkan biaya serta berat ketimbang dengan penyearah dengan masukan 3-kawat dari transformator dengan pusat-mengetuk sekunder berliku.



DIODE LASER
Sejenis dioda di mana Media Aktifnya memakai sebuah Semikonduktor persimpangan P-N yg menyerupai dengan yg terdapat pada diode Pemancar Cahaya. 

Dioda laser kasertag pun disingkat LD atau ILD.

Prinsip kerja diode ini sama menyerupai Diode lainnya. Pada kedua jenis ini sering dihasilkan 2 tegangan, yaitu:

  ➽  Biased Forward, Arus dihasilkan searah dengan nilai 0,707 
       untuk pembagian v puncak, bentuk gelombang di atas ( + ).
  ➽  Backforward Biased, ini merupakan tegangan berbalik 
       yg sanggup merusak suatu komponen elektronika.


DIODE GUNN
Dikenal sebagai Perangkat Transfer Elektron (TED), yaitu bentuk dioda, Pasif Semikonduktor komponen elektronik dua terminal, dengan Resistensi Negatif, dipakai dalam elektronik Frekuensi Tinggi. 

Hal ini didasarkan pada "Efek Gunn".  Ditemukan pada tahun 1962 oleh Fisikawan J. B. Gunn. Penggunaannya terbesar yaitu dalam Osilator Elektronik untuk menghasilkan Gelombang Mikro, dalam aplikasi menyerupai Radar Speed Guns serta Relay Microwave data link pemancar.


DIODE Lain :
➤ Diode Bansertagan
➤ Diode Cat's whisker
➤ Diode Arus tetap



[  Basic Diode Electronics (16)
[  Basic Electronics (54)
[  Diodes and Applications (94)
[  Diodes and Diode Circuits (28)
[  Diodes and Transistors (28)
[  Introduction to Diodes (28)
[  Semiconductors, Diodes and Their Applications (62)

Artikel Terkait