Sekilas Ihwal Elektron Dan Atom

ELEKTRON DAN ATOM

Sejak Elektronik berkaitan dengan Kontrol Gerak Elektron, satu harus diingat bahwa Elektron, yg bermuatan Negatif, tertarik untuk muatan Positif serta ditolak oleh muatan Negatif lainnya. Dengan demikian, elektron dalam ruang hampa cenderung mnyendirri  terpisah dari satu sama lain. Arus Listrik yg dihasilkan dari gerakan ELEKTRON.


TEORI ELEKTRON
Teori Elektron dikemukakan oleh Democretos, yg mengungkapkan :

     "Jika suatu benda / Zat (padat, cair, gas) dibagi-bagi menso bab yg terkecil serta bab tersebut masih mempunyai sifat asalnya disebut Molekul. Kemudian kalau Molekul tersebut terus dibagi-bagi menso bab yg sangat kecil serta bab tersebut tidak mempunyai sifat asalnya, disebut Atom."

Adalah Partikel Subatomik, simbol e atau ß-, dengan muatan listrik dasar NEGATIF. Elektron milik generasi pertama dari keluarga Lepton Partikel,  serta umumnya dianggap partikel dasar.

TEORI ATOM

Berasal dari kata Yunani yg berarti tidak sanggup dibagi-bagi lagi. A = Tidak sesertagkan Tomos = dibagi-bagi.Atom ialah bab yg terkecil dari suatu molekul yg tidak sanggup dibagi-bagi lagi berdasarkan reaksi kimia biasa.

Atom terdiri dari sebuah inti atom (Nukleus) yg disusun oleh Proton serta Netron, serta dikelilingi oleh Elektron-Elektron.

Proton ---- Partikel penyusun atom yg bermuatan Positip
Elektron -- Partikel penyusun atom yg bermuatan Negatip
Neutron -- Partikel penyusun atom yg tidak bermuatan (Netral)

NETRAL
Sebuah atom dikatakan Netral apabila Jumlah Proton dalam Inti sama dengan Jumlah Elektron yg mengelilingi Inti Atom tersebut. ( Jumlah Proton = Jumlah Elektron )

ION POSITIF
Jika diambil/dikurangi satu atau lebih Elektronnya, maka atom tersebut tidak berkesetimbang (Tidak Netral) lagi, alasannya ialah kekurangan elektron. Atom yg kekurangan elektron akan bermuatan Positip.

ION NEGATIF
Jika dipadukan satu atau lebih elektronnya, maka atom tersebut tidak berkesetimbang (Netral) lagi, alasannya ialah kelebihan elektron. Atom yg kelebihan elektron akan bermuatan Negatip.


SIFAT ATOM

  a.  Nomor Atom - Suatu unsur menyatakan jumlah Proton 
       atau Elektron dalam sebuah Atom Netral.
  b.  Suatu Unsur dalam (Tabel Periodik) dinyatakan dengan :

Atom Silicon                                  Atom Germanium
28 Elektron 14 Proton 14 Neutron   72 Elektron, 32 Proton serta 41 Neutron


LINGKARAN VALENSI

Karena Elektron ini berputar di orbit, mempunyai terlalu banyak elektron dalam orbit tertentu sanggup menyebabkan mereka menabrak satu sama lain. Kaprikornus dasar utama alam menempatkan mereka di orbit yg berbeda pada tingkat yg berbeda. Menyebutnya Lapisan atau Cincin.


Masing Cincin mempunyai jumlah maksimum Elektron yg sanggup menahan, tanpa harus membentuk Cincin lain.

(Germanium) mempunyai 32 elektron. Menampung
  -  2 elektron dalam Cincin pertama,
  -  8 elektron dalam Cincin kedua
  -  18 elektron dalam Cincin ketiga
  -  4 elektron dalam Cincin keempat

Ini dikatakan ada di luar ring, VALENCE RING.

[ Cincin Valensi Germanium ]


TINGKAT ENERGI

Sebuah sistem Kuantum Mekanik atau Partikel yg terikat-yaitu, terbatas spasial-bisa hanya mengambil nilai-nilai diskrit energi tertentu. Ini berbeda dengan partikel klasik, yg sanggup mempunyai Energi. Nilai-nilai diskrit disebut Tingkat Energi.

Istilah ini umumnya dipakai untuk tingkat Energi Elektron dalam Atom, Ion, atau Molekul yg terikat oleh meserta listrik inti, tetapi pun sanggup merujuk pada tingkat energi inti atau tingkat energi vibrasi atau rotasi dalam molekul. Tingkat Energy yg mensokan Elektron mengalir ketika terso KETIDAKSTABILAN.

HUKUM MUATAN ELEKTROMAGNETIK

Jika ada dua benda bermuatan sejenis Saling berdekatan :

 -  ( Positip dengan Positip atau Negatip dengan Negatip) Maka akan terso Tolak Menolak.

Jika ada dua benda bermuatan tak sejenis
 -  ( Positip dengan Negatip atau Negatip denganPositip ) Saling didekatkan akan terso Tarik Menarik.

[ Selanjut nya ]






Artikel Terkait