Mengenal Teknologi Layar Ips (In Plane Switching)

Tentu Anda pernah mendengar nama teknologi tampilan IPS yg sekarang marak disokan fitur andalan di bermacam-macam gadget, mulai dari televisi, monitor, ponsel pintar, laptop, sampai tablet PC.  Pengertian yg banyak beredar wacana tampilan IPS yaitu kemampuannya dalam menampilkan gambar secara maksimal bahkan sanggup dilihat dengan terang dari banyak sekali sudut, termasuk dari samping.  Pengertian ini tidak salah alasannya yaitu hal tersebut merupakan salah satu keunggulan tampilan IPS.

Layar IPS (In Plane Switching) merupakan teknologi tampilan yg dipakai untuk tampilan LCD (Liquid Crystal Display).  Teknologi ini dibentuk untuk menggantikan TN (Twisted Nematic) field effect matrix di tampilan LCD yg ketika itu dianggap mempunyai beberapa kelemahan, ibarat kualitas warna yg rendah, keterbatasan sudut pansertag serta waktu respon yg rendah.

Teknologi tampilan IPS bisa meyesuaikan serta mengganti lapisan molekul kristal cair di antara permukaan kaca.  Lapisan molekul ini disusun secara paralel sehingga semua permukaan beling terisi.  Teknologi tampilan IPS sendiri mulai berkembang pada awal tahun 1990, ketika itu sejumlah organisasi serta perusahaan elektronik menyebarkan teknologi tampilan ini.  Salah satunya yaitu Hitachi (Jepang) serta Merck KGaA (Jerman).

Berikut beberapa keunggulan tampilan IPS (In Plane Switching) :
  • Layar IPS konsisten serta akurat dalam menampilkan warna dari banyak sekali sudut pansertag tanpa asertaya imbas buram.
  • Layar IPS tidak menampilkan efek-efek tertentu, ibarat warna yg memudar ketika disentuh.  Hal ini sangat penting bagi gadget yg hadir dengan fungsi tampilan sentuh.
  • Layar IPS sanggup memproses sinyal berkecepatan tinggi tanpa kehilangan data memakai kabel tembaga dengan tingkat resistansi (hambatan) yg rendah.
  • Layar IPS menampilkan gambar yg lebih jernih serta mempunyai waktu respon yg lebih stabil.
Super PLS
Pada tahun 2012 lalu, Samsung mengenalkan teknologi Super PLS (Plane to Line Switching) yg diakui sebagai penyempurna dari teknologi IPS konvensional.  Teknologi Super PLS sendiri menggantikan teknologi tampilan AMOLED yg dulu kerap dipakai Samsung dalam bermacam-macam perangkatnya.  Namun AMOLED ternyata kurang maksimal dalam mendukung fungsi resolusi full HD di perangkat mobile.  

Berikut sejumlah keunggulan Super PLS yg diakui Samsung makin manis ketimbang IPS :
  • Sudut pansertag yg lebih luas.
  • Memiliki tingkat kecerahan (brightness) lebih tinggi.
  • Kualitas gambar yg makin bagus.
  • Panel yg lebih fleksibel sehingga sanggup diterapkan di bermacam-macam perangkat.
  • Ongkos unitsi makin irit 15 persen ketimbang memakai teknologi IPS.

Artikel Terkait