Elektronika Digital

Semenjak inovasi Silicon serta Germanium Peralatan elektronik berkembang terus. Transistor serta sirkuit mikro terus berkembang diantara nya Digital Elektronik. Sistem Elektronika yg mengguna kan Isyarat Digital. Merupakan Representasi dari Aljabar Boolean serta dipakai di Komputer, Telpon Genggam serta banyak sekali unit lainnya.



Dalam sebuah Sirkuit Digital,

Sinyal direpresentasikan dengan satu dari dua macam kondisi yaitu
  -   1 (High, Active, True,)
  -   0 (Low, Non-Active, False).
Atau jikalau direspresentasika dalam tegangan
  -   1 sanggup berarti tegangan Maksimum (umumnya 5 V atau 3 V)
  -   0 berarti tegangan Minimum (umumnya 0 v, tapi ada pula yg 2,5 V)
Hal ini dikarenakan varian dari materi pembuatnya.

KOSTRUKSI DAN STRUKTUR
Rangkaian Digital biasanya dibangun dari rangkaian elektronik kecil yg disebut Gerbang Logika yg sanggup dipakai untuk menciptakan logika kombinasional. Setiap gerbang logika didesain untuk melaksanakan Fungsi Logika Boolean ketika bertindak atas Sinyal Logika.


Sebuah Gerbang Logika umumnya dibentuk dari satu atau lebih switch elektrik dikendalikan, biasanya transistor tapi katup termionik telah melihat memakai bersejarah. Simbol Logika diwakili oleh bentuk yg berbeda. Set gotong royong bentuk diperkenalkan pada tahun 1984 di bawah IEEE / ANSI Standar 91-1984. "Simbol Logika".

Tabel Lookup
Dapat melaksanakan fungsi yg sama ibarat mesin menurut gerbang logika, tetapi sanggup dengan gampang memprogram tanpa mengubah kabel. Penyederhanaan yg paling banyak dipakai ialah algoritma minimisasi ibarat Espresso heuristik logika minimizer dalam sistem CAD, meskipun secara historis,
-  Diagram Keputusan Biner.
-  Algoritma Quine-McCluskey
-  Tabel Kebenaran
-  Peta Karnaugh
-  Aljabar Boolean telah digunakan.

Combinational vs. Sequential
Untuk menentukan representasi, insinyur mempertimbangkan jenis sistem digital.
Kebanyakan sistem digital membagi menso
  -   "Sistem Kombinasional"
  -   "Sistem Sekuensial"

Sistem Kombinasional
Selalu menyajikan output yg sama ketika diberikan input yg sama. Hal ini intinya merupakan Representasi dari satu set Fungsi Logika.

Hal ini dipakai untuk melaksanakan aritmatika penting, tidak hanya di komputer serta kalkulator, tetapi pun dalam sistem navigasi, robot serta jenis lain dari mesin otomatis. Namun perhitungan yg kompleks perlu, mereka semua bergantung pada beberapa sirkuit logika kombinasional dasar untuk melaksanakan penambahan biner serta pengurangan.

Sistem Sekuensial
Sistem kombinasional dengan beberapa output merupakan Umpan Balik  sebagai masukan. Hal ini menciptakan mesin digital melaksanakan "Urutan" suatu operasi.

Sistem sekuensial sederhana mungkin Flip Flop, prosedur yg mewakili "Digit Biner" atau "Bit".  Terbagi menso dua subkategori.
  -   "Synchronous"
  -   "Asynchronous"

Synchronous
Untuk menerapkan Sekuensial Sinkron ialah untuk membaginya menso sepotong logika Kombinasional serta satu set sandal jepit disebut "Register State" Setiap kali sinyal masuk, Register menangkap umpan balik yg dihasilkan dari keadaan sebelumnya dari Logika Kombinasional, serta Feed kembali sebagai masukan berubah ke bab Kombinasional dari Machine State.

Asynchronous
Hampir semua mesin digital desain Sinkron alasannya ialah lebih gampang untuk menciptakan serta memverifikasi desain Sinkron. Namun, logika Asynchronous diperkirakan sanggup unggul alasannya ialah berkecepatan tidak dibatasi oleh Clock, Membangun sistem Asynchronous memakai bab lebih cepat. Banyak sistem perlu sirkuit yg memungkinkan Sinyal sinkron Eksternal untuk masukan sirkuit logika Sinkron.


Register Transfer
Dalam daftar pengalihan logika, angka biner disimpan dalam kelompok disebut Register. Output dari setiap Register ialah bundel kabel yg disebut "Bus" yg membawa nomor perhitungan lainnya. Perhitungan hanya sepotong Logika Kombinasional. Setiap perhitungan pun mempunyai Output Bus, serta ini sanggup dihubungkan ke input dari beberapa Register.


Kasertag-kasertag Register akan mempunyai multiplexer pada input, sehingga sanggup menyimpan nomor dari salah satu dari beberapa bus. Atau, output dari beberapa item sanggup dihubungkan ke bus melalui Buffer yg sanggup mematikan output dari semua perangkat kecuali satu. Sebuah State  Kontrol Mesin Sekuensial ketika setiap Register mendapatkan data gres dari input.

M001 Digital-Electronic - Number System
M002 Digital-Electronic - Logic Gate And Mapping
M003 Digital-Electronic - Logic Families
M004 Digital-Electronic - Combinational Logic
M005 Digital-Electronic - Sequential Logic






Mengenal Jaringan Komputer

Saat ini Skenario dunia berubah. Komunikasi Data serta jaringan telah mengubah cara bisnis serta pekerjaan urusan sehari-hari lainnya. Sekarang, mereka bergantung pada jaringan komputer serta InterNetwork. Set perangkat disebut sebagai Node dihubungkan dengan Media Link disebut Jaringan

Sebuah NODE sanggup menso perangkat yg bisa mengirim atau mendapatkan data yg dihasilkan oleh node lain pada Jaringan menyerupai Komputer, Printer dll

Link ini menghubung kan perangkat disebut saluran Komunikasi.
Ada banyak macam saluran komunikasi menyerupai Kabel, wi-fi dll


JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer ialah saluran telekomunikasi dimana kita sanggup mengembangkan data. Hal ini pun disebut Jaringan Data. Contoh terbaik dari jaringan komputer ialah Internet.
Jaringan komputer tidak berarti sistem dengan unit kontrol saja. Dapat pula sistem lainnya sebagai penerima. Hal ini disebut Sistem Terpengiriman

Sebuah jaringan harus bisa memenuhi kriteria tertentu,
ini disebutkan di bawah ini:
  -   Prestasi
  -   Keandalan
  -   Skalabilitas
  -   Keamanan

Prestasi  ( Performance )
Hal ini sanggup diukur dalam mengikuti cara:
  -   Waktu Transit - Ini ialah waktu yg diperlukan untuk melaksanakan perjalanan pesan dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
  -   Response Time - Hal ini didefinisikan sebagai waktu yg telah berlalu antara penyelidikan serta respon.

Cara lain untuk mengukur performa adalah:
  -   Efisiensi Perangkat Lunak
  -   Jumlah Pengguna
  -   Kemampuan Hardware yg terhubung

Keandalan  ( Reliability )
Ia tetapkan frekuensi di mana kegagalan jaringan berlangsung.
Lebih kegagalan adalah, kurang kehandalan jaringan.

Skalabilitas  ( Scalability )
Keterluasan ialah kemampuan suatu sistem, jaringan, atau proses untuk menangani penambahan beban yg diberikan, atau potensinya untuk ditingkatkan guna menangani penambahan beban tersebut.
  -   Infrastruktur
  -   Arsitek Aplikasi
  -   Basis Data

Keamanan  ( Security )
Hal ini mengacu pada dukungan data dari pengguna yg tidak sah atau akses. Sementara perjalanan melalui jaringan, data melewati banyak lapisan jaringan, serta data sanggup ditelusuri kalau dicoba. Oleh sebab itu keamanan pun merupakan karakteristik yg sangat penting bagi Networks.

SIFAT JARINGAN YANG BAIK
Komunikasi Interpersonal
Kita sanggup berkomunikasi satu sama lain secara efisien serta gampang menyerupai email, chat room, video conferencing dll

Sumber sanggup berbagi
Kita sanggup memakai sumber daya yg disediakan oleh jaringan menyerupai printer dll

Berbagi File, Data:
Resmi pengguna yg diizinkan untuk mengembangkan file pada jaringan.

Keamanan.
Data-data menyerupai Data  Pribadi, Data lain, File dll terjamin keamanannya


MODEL KOMUNIKASI DASAR
Model komunikasi yg dipakai untuk pertukaran data antara dua pihak. Misalnya komunikasi antara komputer, server serta telepon (melalui Modem).


Sumber  (SOURCE)
Data yg akan dikirimkan dihasilkan oleh perangkat ini, misal: telepon, Komputer Pribadi dll
Pemancar  (TRANMITTER)
Data yg dihasilkan oleh sistem sumber tidak eksklusif ditransmisikan dalam bentuk yg dihasilkan. pemancar mengubah serta mengkodekan gosip dalam bentuk rupa untuk menghasilkan gelombang elektromagnetik atau sinyal.
Sistem Transmisi  (TRANSMISSION)
Sebuah sistem transmisi sanggup menso saluran transmisi tunggal atau jaringan kompleks yg menghubungkan sumber serta tujuan.
Penerima  (RECEIVER)
Receiver mendapatkan sinyal dari sistem transmisi serta mengkonversi ke bentuk yg gampang dikelola oleh perangkat tujuan.
Tujuan  (DESTINATION)
Tujuan mendapatkan data yg masuk dari penerima.


KOMUNIKASI DATA
Pertukaran data antara dua perangkat melalui media transmisi komunikasi data. Data dipertukarkan dalam bentuk 0 serta 1. media transmisi yg dipakai ialah kabel kawat. Untuk komunikasi data terso, Perangkat Komunikasi harus menso pecahan dari Sistem.

Komunikasi Data mempunyai dua jenis Lokal serta Remote yg dibahas di bawah:
Lokal  (LOCAL)
komunikasi lokal terso saat perangkat berkomunikasi berada dalam wilayah geografis yg sama, gedung yg sama, tatap muka antara individu dll
Terpencil  (REMOTE)
komunikasi jarak jauh berlangsung lebih dari jarak yaitu perangkat yg jauh. Efektivitas

Komunikasi Data sanggup diukur melalui Fitur berikut:
  -   Pengiriman             Pengiriman harus dilakukan untuk tujuan yg benar.
  -   Ketepatan Waktu - Pengiriman harus sempurna waktu.
  -   Akurasi:                 Data yg disampaikan harus akurat.

Komponen Komunikasi data
  -   Pesan: Informasi yg akan disampaikan.
  -   Pengirim: Orang yg mengirimkan pesan.
  -   Receiver: Orang kepasertaya pesan yg akan disampaikan.
  -   Media: Fasilitas pengiriman melalui mana pesan akan dikirim contohnya Modem.
  -   Protokol: Beberapa Set Aturan yg meyesuaikan tersonya Komunikasi.

Jaringan ialah satu set perangkat (sering disebut sebagai NODE) yg terhubung oleh link komunikasi. Sebuah node sanggup dikatakan
  -   Komputer
  -   Pencetak
  -   Perangkat yg bisa mengirim serta mendapatkan data yg dihasilkan oleh NODE

Koneksi dari dua NODE
  -   Twiated Pair
  -   Kabel Koax
  -   Fiber Optik
  -   Ruang Bebas (Udara)






[ An Introduction to Computer Networks
[ Computer Networking Principles
[ Introduction Computer Networking

[ Introduction to Computer Network
[ Computer network


Keuntungan-Kerugian Crt, Plasma, Lcd, Led

Suatu ketika kita akan membeli TV.  itu mudah, Merek Favorit hanya menjual satu jenis TV serta harus berjalan dari satu toko ke toko lain nya serta mengosongkan kantong Anda. Mereka hanya menciptakan anekdot yg baik sekarang.


Membeli TV berarti menentukan dari sejumlah merek serta yg lebih penting, menentukan jenis tampilan TV, Apakah CRT,  Plasma, LCD atau LED. Yang tentu nya akan menguras kantong anda.

Ketika melihat dari jarak, LED, LCD serta Plasma, semua terlihat sama. Mereka semua datar, ramping serta tersedia dalam banyak sekali ukuran. Tapi jangan tertipu oleh tampilan serta menentukan atas dasar itu. Semua itu mempunyai Kelebihan serta Kekurangan yg harus diketahui.

Ada beberapa perbedaan antara semua perangkat TV yaitu
  -   CRT (Cathode Ray Tube)
  -   PLASMA
  -   LCD (Liquid Crystal Display)
  -   LED (Light Emitting Diode)

CRT (-Cathode Ray Tube-)

Tabung sinar katode, ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, merupakan sebuah tabung penampil yg banyak dipakai dalam tampilan komputer, monitor video, televisi serta oskiloskop.serta ketika kini sudah banyak ditinggalkan.


Keuntungan
  -  Beroperasi pada setiap Resolusi, Geometri 
      serta Aspek Rasio tanpa perlu Rescaling gambar.
  -  Bekerja pada Resolusi Pixel Tertinggi yg terbaik.
  -  Menghasilkan hitam sangat Gelap 
     serta Tingkat Kontras Tertinggi yg terbaik.
  -  Cocok untuk dipakai bahkan dalam lingkungan remang-remang 
      atau gelap.
  -  CRT menghasilkan Warna terbaik, skala Abu-abu 
      serta Standar Acuan Kalibrasi.
  -  Memiliki skala abu-abu halus tepat dengan 
     jumlah tak terbatas Tingkat Intensitas.
  -  Memiliki waktu Respon yg cepat serta tidak ada artefak gerak.
  -  Terbaik untuk perubahan gambar bergerak dengan cepat.

Kekurangan
  -  Profil  Gaussian, Menghasilkan gambar dengan tepi yg lebih lembut.
  -  Imperfect Fokus warna mengurangi Ketajaman.
  -  Semua CRT Warna menghasilkan tumpuan moiré menjengkelkan.
  -  Tunduk Geometris Distorsi serta Regulasi problem tampilan.
  -  Dipengaruhi oleh Meserta Magnet dari peralatan lain termasuk CRT lain.
  -  Relatif Terang tapi tidak seterang LCD.
  -  Tidak cocok untuk lingkungan yg sangat jelas benderang.
  -  Beberapa CRT mempunyai Bola atau Silinder tampilan bentuk bulat.
  -  CRT mengeluarkan Meserta Listrik, Magnet serta Elektromagnetik.
  -  Besar, Berat. Banyak mengkonsumsi  Listrik serta menghasilkan Panas.

PLASMA

Pada dasarnya Array memancarkan Cahaya, Sel Gas terjepit di antara dua lembar kaca. Fakta bahwa mereka tidak bergantung pada sumber Cahaya Eksternal. Dapat memperlihatkan Efek Hitam yg menakjubkan. Namun, Panel Kaca alasan cukup besar serta terlihat Silau bila di siang hari.



Keuntungan
  -  Menghasilkan warna Hitam Alami yg sangat baik.
  -  Kualitas gambar yg menakjubkan serta Refresh Rate tampilan Ideal 
     untuk Gaming.
  -  Tersedia ukuran tampilan yg lebih besar.
  -  Rasio Kontras serta Kemampuan untuk menciptakan Kulit Hitam makin bagus.
  -  Akurasi Warna serta Saturasi makin bagus.
  -  Gerak Pelacakan (sedikit atau tidak ada) 
     dalam gambar yg bergerak cepat.

Kekurangan
  -  Besar serta kurang irit Energi. Melotot ketika dipakai di siang hari
  -  Plasma lebih rentan untuk "Layar terbakar" dari gambar Statis.
  -  Membutuhkan lebih banyak kekuatan 
     sehingga lebih banyak panas yg dihasilkan.
  -  Tidak berperforma baik pada ketinggian yg lebih tinggi.
  -  Rentang kehidupan tampilan lebih pendek dari LCD

LCD (-Liquid Crystal Display-)

Jenis tampilan yg paling umum ketika ini. Sebuah TV LCD, tampilan LCD ialah di depan tampilan backlight neon. televisi untuk menampilkan gambar ketika cahaya dari belakang tampilan jatuh pada tampilan LCD serta gambar dihasilkan dengan Kombinasi Warna.



Keuntungan
  -  Relatif Murah serta yg terbaik untuk sebuah Televisi Layar Datar.
  -  Menghasilkan gambar yg sangat terang 
      sebab Intensitas pada puncak tertinggi.
  -  Sangat cocok untuk lingkungan yg jelas benderang.
  -  Tidak menghasilkan Magnetik serta Elektromagnetik.
  -  Mengkonsumsi kurang dari 1/3 dari kosumsi CRT
  -  Masa pakai: 50.000 - 100, 000 jam serta Ukuran tampilan: 13-57 Inci.
  -  Membutuhkan lebih sedikit daya 
     untuk beroperasi ketimbang dengan Plasma.
  -  Sudut Pansertag Hingga 165 ° Tak Nyaman dilihat dari samping.

Kekurangan
  -  Tidak sanggup memperlihatkan Warna Hitam yg benar.
  -  Aspek Rasio  serta Resolusi yg tetap.
  -  Tingkat Kontras Rndah dari CRT sebab tingkat kehitaman yg Rendah.
  -  Tidak cocok untuk frame rate yg tinggi Gaming.
  -  Responnya Lambat 
     serta Pemindaian hasil Konversi rendah di artefak yg bergerak.
  -  Degradasi gambar bergerak atau berubah dengan cepat.

LED (-Light Emitting Diode-)

LED intinya LCD. Perbedaannya ialah bahwa lampu belakang tampilan yg dipakai untuk menerangi tampilan Fluorescent di LCD digantikan oleh LED kecil. Kerja dari TV tetap sama, namun sebab penggunaan LED tampilan jauh lebih ramping dalam ukuran, daya yg efisien serta sanggup menghasilkan imbas hitam benar hingga batas yg jauh lebih besar.



Keuntungan
  -  Sangat tipis bila ketimbang dengan jenis lain serta dalam banyak sekali ukuran.
  -  Penggunaan LED yg lebih kecil untuk menerangi tampilan, 
     mengkonsumsi sedikit daya.
  -  Mereka mempunyai waktu respon yg tinggi
  -  Bisa menikmati bingkai tinggi (Game) tanpa penundaan gerak 
     serta tertinggal.
  -  Memiliki sudut pansertag yg lebih luas sekitar 175 derajat.
  -  Memberikan Kualitas gambar yg makin bagus 
     bahkan ketika Anda melihatnya dari samping.
  -  Sangat murah, Sirkuit Elektronik sangat sederhana.
  -  Dapat diandalkan, Efisien, Masa pakai: Sekitar 100.000 jam, 
     Layar hingga 90 Inci

Kekurangan
  -  Mereka ialah mahal bila ketimbang dengan LCD serta TV Plasma.
  -  Pembatasan hanya 16 angka Heksadesimal.
  -  LED Kualitas rendah sanggup mengakibatkan pencemaran lingkungan.
  -  Semoga menghasilkan lebih banyak e-limbah.



[ CRT, PLASMA, LCD, LED Display








Cara Men-Solder Komponen Elektronik

Apa itu solder serta kapan harus menggunakannya ?

Solder - Proses di mana dua atau lebih item metal bergabung bantu-membantu dengan pelelehan. Kemudian mengalir metal pengisi ke dalam sendi-metal, pengisi mempunyai titik leleh relatif rendah.

Solder dipakai untuk membentuk sambungan permanen antara komponen elektronik. Logam yg akan disolder dipanaskan dengan solder besi serta kemudian solder meleleh ke sambungan.

Hanya solder mencair, bukan bab yg sesertag disolder.

Solder yaitu "Lem" metal yg memegang bab bantu-membantu serta membentuk koneksi yg memungkinkan arus listrik mengalir.


Soldering Iron
Sebuah besi solder dipakai untuk memanaskan koneksi yg akan disolder. Untuk sirkuit elektronik, harus memakai solder 25 hingga 60-watt (W).

Watt solder yg lebih tinggi tidak selalu lebih panas, hanya bisa memanaskan komponen yg lebih besar. Sebuah besi solder 40-W menciptakan sendi lebih cepat dari solder 25-W tidak.

Flux-Core Solder
Solder mempunyai titik leleh lebih rendah dari metal yg sesertag terhubung lakukan. solder mencair ketika dipanaskan oleh solder, tetapi metal yg bergabung tidak akan meleleh.

Inti Solder Resin sebagai Fluks. Mencegah oksidasi dari metal yg sesertag terhubung, serta meningkatkan solder untuk tetap "Basah" dipermukaan.

Solder dengan diameter 0,75 milimeter (mm) ke 1,0 mm yg terbaik. solder tebal mungkin menciptakan sendi kecil solder sulit serta kemungkinan tercipta jembatan solder antara alas tembaga yg tidak dimaksudkan untuk dihubungkan.

Paduan 60/40 (60% timah, 40% timbal) dipakai untuk sebagian besar pekerjaan elektronik, tetapi bebas timah solder pun tersedia.

Damp Seponge - Spons lembap dipakai untuk membersihkan ujung Soldering Iron.

Solder Braid
Digunakan untuk menghapus Solder. Letakkan di Solder Braid pada komponen yg akan dilepas serta Soldering Iron. Solder akan mengalir ke Solder Braid. Dan pun mengurangi Solder yg berlebihan pada sambungan.


-   Gunakan dengan hati-hati.
-   Sebuah besi solder bisa panas sekitar 400 ° C, yg sanggup mengkremasi atau memulai titik api.
-   Cabut besi ketika tidak digunakan. atau kendalikan panas nya
-   Jauhkan kabel listrik jauh dari daerah di mana ia bisa tersandung.
-   Hindari menyentuh ujung besi solder pada akses listrik. 
-   Jika kabel listrik tersentuh besi panas, ada risiko serius luka bakar serta sengatan listrik.
-   Selalu mengembalikan solder untuk bangun ketika itu tidak digunakan.
-   Jangan pernah menaruh besi solder di dingklik kerja anda, walau sesaat!
-   Bekerja di area yg berventilasi baik.
-   Asap hasilkan mencairkan solder sebagian besar dari Fluks serta bisa sesak nafas,
-   Hindari menghirup dengan menjaga kepala anda ke samping.
-   Solder mengandung timbal, merupakan metal beracun. Cuci tangan sehabis bekerja.


Operasi yg handal dari sirkuit dengan koneksi disolder tergantung pada praktek solder yg baik. Berikut yaitu beberapa tips untuk menyolder dengan baik.

-  Rencana sebelum Anda mulai untuk solder.
-  Mengidentifikasi semua bab yg akan Anda gunakan.
-  Hal ini membantu untuk melampirkan setiap bab pada selembar kertas.
-  Mencatat apa saja (Misalnya, Resistor # 1: 100 ohm).
-  Beberapa komponen (Seperti LED), Tempatkan dengan cara yg benar biar berfungsi.
-  Berikut ini yaitu urutan disarankan untuk instalasi aneka macam komponen:
    -   Sirkuit terpadu (IC) pemegang (perhatikan orientasi). IC akan dipadukan kemudian.
    -   Resistor
    -   Kapasitor, kurang dari 1 mikro farad
    -   Kapasitor besar, 1 mikro farad atau lebih besar, perhatikan orientasi.
    -   Dioda, perhatikan orientasi.
    -   LED, perhatikan orientasi.
    -   Transistor, perhatikan orientasi.
    -   Sirkuit terintegrasi
            -   Hubungkan mereka dengan cara yg benar,
            -   Adalah statis sensitif.
            -   Tempatkan IC dalam kemasan antistatis mereka hingga membutuhkannya.
            -   Hati-hati memasukkan IC di pemegang mereka.
            -   Pastikan semua pin yg berbaris dengan soket, dorong berpengaruh dengan ibu jari Anda.
  -   Koneksi kabel yg solid antara komponen di papan
  -   Kawat ke bab yg terhubung dengan kawat ke sirkuit


1.   Solder membutuhkan permukaan bersih,
       -  Bersihkan permukaan tembaga dari papan sirkuit wol sebelum disolder.
       -  Hilangkan minyak, cat, lilin, dll dengan pelarut, wol baja / amplas halus.

2.  Untuk Men-Solder.
       -  Panaskan hubungan dengan ujung solder besi selama beberapa detik.
       -  Kemudian terapkan Men-Solder.
       -  Pegang solder menyerupai pena, bersahabat pangkal pegangan.
       -  Kedua bab yg sesertag disolder harus panas biar hasil nya baik.


3.  Ujung solder memanaskan kedua pad tembaga serta timah dari komponen elektronik.
       -  Jaga ujung Solder-Iron pada sambungan sebagai solder diterapkan.
       -  Solder akan mengalir ke serta sekitar koneksi  baik-dipanaskan.
       -  Gunakan hanya cukup solder untuk membentuk hubungan yg kuat.

4.  Angkat ujung dari sambungan secepat solder telah mengalir secukup nya.
       -  Lepaskan solder, kemudian besi.

5.  Diamkan sejenak hingga Solder mendingin.

6.  Jangan terlalu usang panas pada sambungan, sanggup merusak komponen.
       -  Transistor serta beberapa komponen lainnya sanggup rusak oleh panas.
       -  Klip buaya sanggup dipakai sebagai heat sink untuk melindungi komponen.

8.  Periksa sendi teliti. Seharusnya terlihat mengkilap.



Mengenal Sistim Avionic Pesawat Terbang

Cockpit berada  disektor depan pesawat terbang, dimana Penerbang mengendalikan pesawat. Cockpits modern sangat tertutup, kecuali pada beberapa pesawat kecil. Kokpit pesawat terbang berisi instrumen penerbangan di panel instrumen, serta kontrol yg memungkinkan pilot menerbangkan pesawat terbang.

Cockpit Layout  BOEING-737 New Generation
Lokasi panel terbagi
  ➽  Left Forward (Pilot) Panel
  ➽  Center Forward Panel
  ➽  Right Forward (CoPilot) Panel
  ➽  Glareshield Panels
  ➽  Forward Overhead Panel
  ➽  Aft Overhead Panel
  ➽  Control Stand
  ➽  Aft Electronic Panel



Peralatan AVIONIC untuk mengendalikan pesawat.
  ➽  Pemantauan serta Pengendalian
  ➽  Manajemen Pesawat
  ➽  Mengatur Arah Tujuan
  ➽  Berkomunikasi
  ➽  Memberikan Informasi
  ➽  Mencegah Terso Tabrakan
  ➽  Memutuskan ketika Cuaca buruk

Sumber Tenaga AVIONIC pesawat menggunakan
  ➽  Sistem listrik DC beroperasi pada 28 volt DC
  ➽  Sistem listrik AC beroperasi pada 115 volt AC 400 Hz.

Beberapa VENDOR besar untuk peralatan AVIONIC
  ➽  Panasonic Avionics Corporation
  ➽  Honeywell (Bendix / King )
  ➽  Rockwell Collins
  ➽  Thales Group
  ➽  GE Aviation Systems
  ➽  Garmin
  ➽  UTC Aerospace Systems
  ➽  Avidyne Corporation

Standar Internasional untuk Peralatan AVIONIC
  ➽  Disusun oleh  Komite Teknik Elektronik Airlines (-AEEC-) diterbitkan oleh ARINC.
  ➽  Diatur oleh  Federal Aviation Administration  (-FAA-)
  ➽  Diatur oleh  European Aviation Safety Agency  (-EASA-)
Diregulasi oleh International Civil Aviation Organization  (ICAO)


Monitoring and Controlling

Tampilan GLASS COCKPIT muncul pada 1970-an, ketika itu Tabung Sinar Katoda (-CRT-) dinyatakan laik terbang serta mulai menggantikan menampilkan Elektromekanis.

Glass Cockpit mengacu pada penggunaan Monitor Komputer bukan alat pengukur serta penampilan Instrumen Analog.

Tampilan Informasi semakin lebih cepat. yg disokong Elektronik (Digital) menampilkan Instrumen Penerbangan pada LED Display

Flight Management Systems

Sistem administrasi penerbangan (FMS) ialah komponen mendasar dari avionik sebuah pesawat modern. Sebuah FMS ialah sistem komputer khusus yg mengotomatisasi banyak sekali kiprah dalam penerbangan, mengurangi beban kerja pada awak pesawat.

Fungsi utama ialah administrasi dalam penerbangan dari rencana penerbangan. Menggunakan banyak sekali sensor (seperti GPS serta INS sering disokong oleh navigasi radio) untuk memilih posisi pesawat, FMS sanggup memandu pesawat sepanjang rencana penerbangan.

Dari kokpit, FMS biasanya dikendalikan melalui Control Unit Tampilan (CDU) yg menggabungkan tampilan kecil serta keyboard atau tampilan sentuh. FMS mengirimkan rencana penerbangan untuk display ke Instrumen Elektronik Sistem Penerbangan (EFIS), Navigasi Tampilan (ND), atau Multifungsi Tampilan (MFD).

Communications Systems

Sarana penerbang untuk berafiliasi dengan pesawat lain, orang-orang didarat serta penumpang untuk memberikan INFORMASI.

Komunikasi penerbangan merupakan komponen penting yg berkaitan dengan fungsi keberhasilan penerbangan pesawat baik di darat serta di udara.

Navigation Systems

Penentuan POSISI Lat/Long serta ARAH di atas permukaan bumi. Sistem navigasi menghitung posisi secara otomatis serta menampilkan ke awak pesawat dalam

Tampilan Peta Bergerak.
Avionik  menggunakan 2 sistem
-  Berbasis satelit (seperti GPS serta WAAS)
-  Berbasis darat (seperti VOR atau LORAN),







Aircraft Flight Control Systems

Pesawat mempunyai sarana pengendali otomatis (AUTOPILOT).  Sebagian besar pesawat komersial disokong dengan sistem ini untuk mengurangi kesalahan pilot serta beban kerja ketika mendarat atau lepas landas.

Collision-Avoisertace Systems
.
Sistem anti ukiran kemudian lintas (Traffic Collision Avoisertace System disingkat TCAS) yg didesain untuk mengurangi kesoan ukiran udara antara pesawat terbang dengan memperlihatkan peringatan dini.

Sistim yg sanggup mendeteksi lokasi pesawat di dekatnya, serta memberi petunjuk untuk menghindari kecelakaan. Indikasi TCAS diintegrasikan dalam Navigation Display (ND)

Traffic alert and Collision Avoisertace (TCAS)



Weather Systems


Sistem Cuaca / Radar cuaca, merupakan detektor Awan & Petir.

Penting untuk pesawat terbang pada malam hari atau kondisi Meteorologi Instrumen, di mana mustahil pilot untuk melihat Cuaca didepannya.

Menggunakan transmisi data ARINC-708.






Flight Data Recorder (Black Box)

Merupakan Perekam Data Pesawat, Dikenal sebagai "KOTAK HITAM",

Menyimpan Informasi penerbangan serta audio dari kokpit.

Yang terpenting untuk menganalisa keadaan pesawat terbang sehabis terso kecelakaan serta untuk memilih pengaturan & kontrol parameter semoga kecelakaan tidak terulang.









[  Boeing-737-NG Flight Instruments   (279) - BOEING
[  AVIONIC Made Simple   (173) - Mouhamed A Abdulla
[  Introduction to Advanced Avionics  (4) -FAA
[  Electronic Flight Instruments (8) -FAA
[  Navigation Systems (44) -FAA
[  Automated Flight Control (16) -FAA
[  Information Systems (20) -FAA