Sirkuit Terpadu

Tags

(-KOMPONEN AKTIF-)
SIRKUIT TERPADU
( INTEGRATED CIRCUIT )  -  Komponen dasar yg terdiri dari Resistor, Transistor serta lain-lain. Integrated Circuit yaitu Komponen yg digunakan sebagai Otak Peralatan Elektronika.

Pada komputer, IC yg digunakan yaitu Mikroprosesor. Dalam sebuah Mikroprosesor Intel Pentium 4 dengan ferkuensi 1,8 Trilyun getaran per detik terdapat 16 JutaTransistor, belum termasuk komponen lain.

Pengintegrasian Transistor kecil yg banyak jumlahnya ke dalam sebuah Chip yg kecil merupakan peningkatan yg sangat besar bagi perakitan Tabung-Vakum sebesar-jari.

Ukuran IC yg kecil, tepercaya, berkecepatan "Switch", konsumsi listrik rendah, unitsi massal, serta fasilitas dalam menambahkan jumlahnya dengan cepat menyingkirkan Tabung-Vakum.


PENGELOMPOKAN
Pada mulanya sirkuit terpadu hanya sanggup memuat beberapa transistor dalam sebuah chip, akhir ukuran Transistor yg besar serta Produksinya yg belum Efisien. Seiring berkembangnya teknologi ini, Jutaan, bahkan baru-baru ini Miliaran Transistor sanggup dimuat dalam sebuah Chip. Saat ini, desain sirkuit Terpadu dilaksanakan dengan pemberian software yg disebut CAD tools.

SSI: Small Scale Integration
( 3 – 30 Gates per Chip)
Sirkuit terpadu pertama hanya berisi beberapa transistor serta disebut "Small-Scale Integration" (SSI). Mereka memakai sirkuit yg berisi transistor berjumlah Puluhan. Mereka sangat penting dalam pengembangan komputer awal.

MSI: Medium Scale Integration
( 30 – 300 Gates per Chip)
SSI diikuti oleh pengenalan perangkat yg berisi ratusan transistor pada setiap chip, serta disebut "Medium-Scale Integration (MSI). MSI yg menarik secara ekonomi alasannya yg mereka biaya sedikit lebih sistem yg akan diunitsi memakai papan kecil sirkuit, kurang kerja perakitan, serta sejumlah keunggulan lainnya.

LSI: Large Scale Integration
( 300 – 3.000 Gates per Chip)
Perkembangan selanjutnya yaitu dari Large Scale Integration (LSI). Pengembangan LSI didorong oleh faktor ekonomi serta setiap chip terdiri puluhan ribu transistor. Itu di tahun 1970-an, saat LSI mulai mendapat diunitsi dalam jumlah besar.

VLSI: Very Large Scale Integration
( 3.000 – 30.000 Gates per Chip)
LSI diikuti oleh Very Large Scale Integration (VLSI) di mana ratusan ribu transistor digunakan serta masih terus dikembangkan. Itu untuk pertama kalinya bahwa CPU telah dibentuk pada satu sirkuit terpadu, untuk menciptakan mikroprosesor.

Satu Megabit RAM
Pada tahun 1986, dengan diperkenalkannya chip Satu Megabit RAM pertama, lebih dari satu juta transistor yg terintegrasi. chip mikroprosesor yg diunitsi pada tahun 1994 terdapat lebih dari tiga juta transistor.

ULSI: Very Large Scale Integration
( Graeter than 30.000 Gates per Chip)
ULSI merujuk pada "Ultra-Large Scale Integration" serta sesuai dengan lebih dari 1 juta transistor. Namun tidak ada lompatan kualitatif antara VLSI serta ULSI, maka biasanya dalam teks-teks teknis "VLSI" jangka epilog ULSI.









Artikel Terkait