Sirkuit Seri Dan Sirkuit Paralel

SIRKUIT yg terdiri dari hanya satu baterai serta satu resistansi beban yg sangat sederhana untuk menganalisis, tetapi mereka tidak sering ditemukan dalam aplikasi praktis. Biasanya, kita menemukan sirkuit di mana lebih dari dua komponen yg terhubung bersama-sama.



Dua cara dasar untuk menghubungkan lebih dari dua komponen Sirkuit:
—  Sirkuit SERI
—  Sirkuit PARALEL

Sirkuit SERI
Contoh.

Memiliki tiga resistor (berlabel R1, R2, serta R3), terhubung dalam rantai panjang dari satu terminal baterai yg lain. 

(Perlu dicatat bahwa subscript pelabelan-angka-angka kecil ke kanan bawah abjad "R" -yg tidak bekerjasama dengan nilai-nilai resistor dalam ohm.

Mereka hanya melayani untuk mengidentifikasi salah satu resistor dari yg lain.) The mendefinisikan karakteristik dari rangkaian seri ialah bahwa hanya ada satu jalan untuk elektron mengalir. 


Dalam rangkaian ini elektron mengalir dalam arah berlawanan arah jarum jam, dari titik 4 ke titik 3 ke titik 2 ke titik 1 serta kembali sekitar 4.

Sirkuit PARALEL
Contoh.
Memiliki tiga resistor, tapi kali ini mereka membentuk lebih dari satu jalur yg berkelanjutan untuk elektron mengalir. Ada satu jalan 8-7 untuk 2-1 serta kembali ke 8 lagi. 

Ada lagi 8-7 untuk 6-3 untuk 2-1 serta kembali ke 8 lagi. Dan kemudian ada jalur ketiga 8-7 untuk 6-5 untuk 4-3 untuk 2-1 serta kembali ke 8 lagi. Setiap jalur individu (melalui R1, R2, serta R3) disebut cabang.

Ciri khas sirkuit paralel ialah bahwa semua komponen yg terhubung antara set yg sama poin umum elektrik. Melihat diagram skematik, kita melihat bahwa poin 1, 2, 3, serta 4 semua elektrik umum. Makara poin 8, 7, 6, serta 5. 



KOMPLEKSITAS

Tidak berhenti pada Seri serta Paralel !
Kita sanggup mempunyai sirkuit yg merupakan kombinasi dari SERIi serta PARALEL.


Dalam konfigurasi ini, kita akan mengungkapkan bahwa R2 serta R3 secara paralel satu sama lain, R1 ialah seri dengan kombinasi paralel dari R2 serta R3.


Ide dasar dari koneksi "SERI"
Adalah bahwa komponen yg terhubung end-to-end dalam garis untuk membentuk satu jalan bagi elektron untuk aliran:


Ide dasar dari koneksi "PARALEL"
Adalah bahwa semua komponen yg terhubung di seluruh ujung masing-masing. Dalam rangkaian murni paralel, tidak pernah ada lebih dari dua titik elektrik, tidak peduli berapa banyak komponen yg terhubung. 



Ulasan Sirkuit SERI & PARALEL


  -   Pada rangkaian SERI,
Semua komponen yg terhubung End-to-End, 
Membentuk jalur tunggal untuk elektron mengalir.

  -   Pada rangkaian PARALEL,
Semua komponen yg terhubung di satu sama lain,
Membentuk sempurna dua titik elektrik.


  -   Sebuah "CABANG" di sirkuit PARALEL
Jalan untuk arus listrik yg dibuat oleh salah satu komponen beban (Resistor).





Artikel Terkait