Kontrol Momentum Gyroscope

GYROSCOPE - Perangkat untuk mengukur atau mempertahankan ORIENTASI, yg berlandaskan pada prinsip-prinsip MOMENTUM SUDUT Secara mekanis. Giroskop berbentuk menyerupai sebuah RODA BERPUTAR atau CAKRAM di mana poros bebas untuk mengambil setiap Orientasi.


Ketika berputar, Orientasi sumbu tidak terpengaruh dengan memiringkan atau rotasi pemasangan, berdasarkan konservasi momentum sudut. Karena itu, giroskop berkhasiat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi.


Orientasi ini tidak tetap, perubahannya dalam menanggapi Torsi Eksternal jauh lebih sedikit serta berlangsung dalam arah yg berbeda.

jika ketimbang dengan tanpa momentum sudut, yg berkaitan dengan tingginya tingkat putaran serta Momen Inersia.

Orientasi perangkat tetap sama, terlepas dari gerak platform pemasangan, alasannya yakni pemasangan perangkat pada sebuah gimbal akan meminimalkan torsi eksternal.

Giroskop MEMS Perangkat Elektronik yg ditemukan pada Perangkat Elektronik lain, menyerupai :
  ➤  Cincin Laser
  ➤  Giroskop Serat Optik
  ➤  Giroskop Kuantum yg sangat Sensitif. 

Cara kerja GYROSCOPE inipun sama yg berlandaskan pada prinsip dasar Operasi Giroskop.


Aplikasi GYROSCOPE termasuk sistem Navigasi Inersia mana kompas magnetik tidak akan bekerja Seperti :
  ➤  TELESCOPE HUBBLE atau tidak akan cukup tepat 
  ➤  RUDAL BALISTIK Antar Benua
  ➤  STABILISAI pesawat terbang 
       Seperti Helikopter Radio control / kendaraan udara tak berawak DRONE
  ➤  Perahu serta kapal Komersial Rekreasi.





PENJELASAN RINCI


Diagram Roda Giro. Reaksi panah perihal sumbu output (biru) sesuai dengan kekuatan diterapkan terhadap sumbu masukan (hijau) serta sebaliknya.

Sistem Mekanis / Perangkat, sebuah Giroskop Konvensional yakni Mekanisme yg terdiri dari Rotor Journal berputar sekitar satu sumbu, Jurnal rotor yg dipasang di dalam Gimbal Cincin / Gimbal Inner Journal untuk Osilasi dalam gimbal luar untuk Total dua Gimbal.


Gimbal Outer atau Cincin, yg merupakan bingkai giroskop, sudah terpasang sehingga poros sekitar sebuah sumbu dalam pesawat sendiri ditentukan oleh dukungan. Gimbal outer ini mempunyai satu derajat kebebasan rotasi serta sumbu tidak memiliki.


Gimbal INNER dipasang di Frame Giroskop (luar gimbal) sehingga poros sekitar sebuah sumbu dalam pesawat sendiri yg selalu tegak lurus terhadap sumbu penting dari Frame Giroskop (luar gimbal). 

Gimbal INNER memiliki dua derajat kebebasan ROTASI.  Poros dari Roda berputar mendefinisikan sumbu putar. Rotor berputar journal perihal sumbu, yg selalu tegak lurus terhadap sumbu gimbal inner. 

Rotor mempunyai tiga derajat kebebasan rotasi serta sumbu mempunyai dua. Roda menanggapi gaya yg diterapkan terhadap sumbu input oleh kekuatan reaksi perihal sumbu output.

Perilaku GYROSCOPE sanggup gampang diketahui oleh pertimbangan roda depan sepeda. Jika roda bersandar jauh dari vertikal sehingga bab atas roda bergerak ke kiri, pelek roda depan pun berubah ke kiri. 

Dengan kata lain, rotasi pada satu sumbu roda berputar menghasilkan rotasi sumbu ketiga.


GYROSCOPE FLYWHEEL akan Roll atau menolak perihal sumbu keluaran tergantung pada apakah gimbal output yg bebas-atau tetap-konfigurasi.


Contoh Beberapa Bebas-Output-Gimbal perangkat akan menso tumpuan perilaku giroskop dipakai untuk mencicipi atau mengukur lapangan, gulungan serta yaw sudut dalam pesawat ruang angkasa atau pesawat udara.


[ Chapter_5 Gyroscope
Gyros Inertial Sensors
How a Gyroscope Works
MEMS Microelectromechanical Systems
MEMS Gyroscope and Their Applications
Using the Gyro Sensor - Programming Lesson
[  MS-2158 Gyro Mechanical Performance - The Most Important Parameter





Artikel Terkait