Boeing-737 Aircraft System

Aircraft System pada pesawat merupakan sistim yg kompleks. Boeing-737 Sebagai contoh.
Dalam tahap desain serta dalam proses operasi untuk memasti kan kelaikan lanjutan dari pesawat. Saat  awal desain telah di perhitungkan secara teliti sistim per sistin serta pengoperasian serta pemeliharaan (Oleh Penerbang serta Teknisi).


Ini terbagi-bagi menso sistim serta sub-sistem sederhana yg melaksanakan fungsinya masing-masing. menurut  ATA CHAProdusenER Mempermudah dalam Pengoperation serta Perawatan pesawat.
  ➽  Aircraft General
  ➽  Airframe Systems
  ➽  Structure
  ➽  Power Plant

Selain itu semua ini harus memenuhi
  ➽  Stantard Keselamatan Penerbangan. yg merujuk ke
  ➽  Air Operator Certificate (-AOC-) di bawah
  ➽  Civil Aviation Safety Regulation (-CASR-) 121.
  ➽  Civil Aviation Safety Regulation (-CASR-) 135.


























FLIGHT CONTROL - SYSTEM

Sistem Kontrol Pesawat konvensional sayap tetap terdiri dari Kontrol Permukaan Pesawat, Kontrol Kokpit masing, menghubungkan keterkaitannya, serta prosedur operasi yg diharapkan untuk mengontrol arah sebuah pesawat di penerbangan.

Sarana yg pilot mengendalikan arah serta perilaku pesawat dalam penerbangan. Kontrol Mesin Pesawat pun dianggap sebagai kontrol penerbangan sebab mereka mengubah Kecepatan.


Sarana yg pilot mengendalikan arah serta perilaku pesawat dalam penerbangan. Kontrol Mesin Pesawat pun dianggap sebagai kontrol penerbangan sebab mereka mengubah Kecepatan. Sistem kontrol penerbangan dibagi lagi menso apa yg disebut kontrol penerbangan sebagai primer (-Primary-) serta sekunder (-Secondary-)

Kontrol penerbangan PRIMARY yg diharapkan untuk mengontrol kondusif sebuah pesawat selama penerbangan serta terdiri dari Ailerons, Elevator,Rudder (Stabilator) serta kemudi.

Kontrol penerbangan SECONDARY dimaksudkan untuk meningkatkan karakteristik performa pesawat atau untuk meringankan beban kontrol yg berlebihan, serta terdiri dari sirip sayap menyerupai Slat, Flaps serta Spoiler penerbangan serta Trim sistem.

[  Aircraft Control Devices And System
[  Basic Aircraft Control System

POWER PLANT

Banyak variasi dari mesin pesawat awal telah dipakai semenjak Wright Bersaudara melaksanakan penerbangan bertenaga pertama mereka pada tahun 1903. Metode yg dipakai telah didesain untuk mengurangi berat, Effisiensi materi bakar, Kesederhanaan Operasi serta Kehandalan.

Menggunakan Mesin CFM56 - CFM International. Mengalami perubahan besar, yaitu penggantian mesin dari JT8D ke CFM International . Namun, mesin ini terlalu besar ketimbang dengan JT8D, sehingga harus dipasang didepan sayap.


Mesin pesawat menyerupai Turbojet, Turboshafts serta Turbofan memerlukan Pneumatik awal, dengan penggunaan udara dari unit daya suplemen (-APU-) atau Ground Power Unit (-GPU-)

[  JET ENGINE, How it works ?
[  BOEING 737 ENG_APU_FUEL

LANDING GEAR - SYSTEM

Landing gear ialah Under-Carriage pesawat terbang merupakan penopang utama pesawat pada waktu parkir, taxi (bergerak di darat), Lepas Landas atau pada waktu Mendarat.

Landing Gear terdiri dari 3 roda, dua roda utama serta roda ketiga yg sanggup berada di depan atau di belakang pesawat.

Landing Gear yg menggunakan roda di belakang disebut Conventional Wheel. Jika roda ketiga bertempat di hidung pesawat, ini disebut Nose-Wheel, serta rancangannya disebut Tricycle Gear.

Nosewheel atau Tail-Wheel yg sanggup dikemudikan menciptakan pesawat sanggup dikendalikan pada waktu beroperasi di darat.

Setelah pesawat Lepas Landas pada ketinggian tertentu Undercarriage ditarik serta disimpan didalam selama penerbangan untuk mengurangi Hambatan Udara atau DRAG.

[ Aircraft Landing Gear System


ELECTRICAL - SYSTEM

Fungsi utama dari sistem listrik pesawat udara ialah untuk menghasilkan, meyesuaikan serta menpengirimankan daya listrik seluruh pesawat.
Sistem tenaga listrik pesawat udara yg dipakai untuk mengoperasikan
  ➽  Instrumen
  ➽  Sistem Penting menyerupai (Anti-Icing dll)
  ➽  Layanan Penumpang

Daya ialah kekuatan bahwa penting pesawat sanggup melanjutkan operasi yg aman. Daya listrik ialah kekuatan yg dipakai untuk penerangan kabin, pengoperasian sistem hiburan serta persiapan makanan.

Sumber Daya yg berbeda pada pesawat untuk daya sistem Listrik Pesawat.
  ➽  Ground Power Unit ( Saat didarat )
  ➽  Battery serta StandBy Power
  ➽  Unit daya suplemen (-APU-)
  ➽  Mesin Generator
Otput Generator atau APU biasanya 115-120V / 400Hz AC, 28V DC atau 14V DC.






Aircraft Systems lainnya :
  ➽  Avionic System
  ➽  Navigation System
  ➽  Communication System
  ➽  Pressurization System
  ➽  Auxiliary Power Unit
  ➽  Oxygen System
  ➽  Ice Protection (-Anti icing and Deicing-)
  ➽  Cooling System
  ➽  Instrumentation and Recording
  ➽  Fire protection System
  ➽  Safety System
























[  Aircraft Control Devices And System
[  BOEING 737 Characteristic
[  BOEING 737 ENG_APU_FUEL


Artikel Terkait