Tutorial Menciptakan Splatter Effect Dengan Photoshop

Tutorial Photoshop,- Setelah sekian usang saya tidak membagikan tutorial mengenai tips bermain photoshop, kali ini saya kembali akan membagikannya mengenai tutorial cara menciptakan Splatter Effect di Photoshop dengan gaya Threshold. Tutorial mungkin sedikit berbeda dengan tutorial splatter effect sesungguhnya namun tutorial yg akan saya berikan ini paling gampang serta simple, untuk alhasil pun hampir sama serta tutorial ini sangat cocok bagi anda yg masih mencar ilmu mengenai photoshop.

Sebelum masuk ke tutorial sedikit saya jelaskan mengenai apa itu splatter effect serta menyerupai apa penampakannya? Berikut saya jelaskan, Splatter Effect yakni sebuah karya seni berupa gambar yg mempunyai banyak unsur warna dengan pengaruh percikan-percikan warna baik berupa titik atau percikan air. Untuk pembuatan splatter dapat dilakukan di atas kertas atau kain serta pun dapat dibentuk dengan media digital menyerupai memakai software untuk membuatnya.

Untuk software pembuatnya berdasarkan saya aneka macam namun jikalau anda mempunyai software adobe photoshop, itu dapat anda gunakan serta malahan semakin bagus. Karena photoshop mempunyai segusertag fitur serta tools yg dapat anda manfaatkan untuk menciptakan splatter efect. Seperti yg sudah saya utarakan diatas gotong royong menciptakan splatter effect memakai adobe photoshop cukup sulit serta tidak mengecewakan usang alasannya perlu meyesuaikan beberapa warna semoga sesuai. Namun untuk tutorial yg akan saya berikan kali ini tidak mengecewakan gampang alasannya kita akan memanfaatkan gambar berwarna sebagai dasar warnanya nanti, tentunya hal ini cukup mempermudah di bandingkan dengan harus meyesuaikan pewarnaan secara manual.


Untuk itu silahkan siapkan bahannya yg diperlukan menyerupai Adobe photoshop, foto yg akan di buat splatter serta gambar warna, untuk gambar warnanya saya sarankan yg berwarna ajaib agar nanti tidak meyesuaikan warna secara manual serta untuk tutorial kali ini saya memakai adobe photoshop CS6. Nah jikalau semuanya sudah anda siapkan berikut tutorialnya.

Cara Membuat Splatter Effect dengan Photoshop Part 1


1. Pertama silahkan buka foto yg ingin diberi effect splatter, kemudian silahkan seleksi bab dari foto tersebut. Disini untuk menyeleksi anda dapat menggunakan Quick selection tools (W) atau jikalau ingin hasil seleksinya cantik dapat memakai "Pen Tool (P)". Untuk selengkapnya silahkan baca: cara rapi seleksi gambar atau foto di photoshop.


2. Jika foto sudah terseleksi sesuai keingginan silahkan klik menu Image - Adjustments - Threshold..., kemudian akan muncul form pengaturan. Disini silahkan geser pengaturan threshold sampai sesuai dengan impian anda dari segi pengambarannya. Jika sudah klik OK.


3. Setelah itu klik menu Select - Color Range..., kemudian pada fullnizes silahkan geser ke angka 200% serta klik bab tergelap dari photo anda. Jika sudah klik OK. Selanjutnya silahkan copy foto tersebut dengan klik hidangan Edit - Copy atau untuk lebih cepatnya tekan (Ctrl+C) pada keyboard.


4. Nah disini silahkan buat backgroudnya dengan cara klik hidangan File - New atau tekan (Ctrl+N), untuk backgroundnya silahkan buat dengan ukuran yg lebih besar ketimbang dengan ukuran foto, silahkan tentukan sendiri atau baca: Cara menciptakan backgroud gradasi hitam putih di photoshop.


5. Jika sudah silahkan paste foto yg sudah di copy tadi ke background yg sudah dibentuk dengan cara klik Edit - Paste atau tekan (Ctrl+V), serta sesuaikan posisi fotonya. Langkah selanjutnya yakni memasukkan gambar warna ajaib caranya klik hidangan File - Place..., kemudian open gambar abstrak.


6. Selanjutnya atur gambar abstraknya sampai memenuhi semua background fotonya dengan Move Tools (V), Jika ada peringatan silahkan klik "Place". Setelah itu klik kanan pada layer gambar ajaib disektor kanan serta pilih Rasterize Layer.


7. Selanjutnya klik menu Filter - Blur - Gaussian Blur...,, Kemudian akan muncul pengaturan gaussian blur serta disini silahkan geser pada radius pixel sampai gambar ajaib berubah menso blur (silahkan diadaptasi sendiri), jikalau sudah klik OK.


8. Langkah terakhir klik kanan kembali bab layer gambar ajaib kemudian pilih "Create Clipping Mask".


9. Maka otomatis yg sebelumnya hanya bewarna hitam serta putih berganti warna sesuai dengan gambar abstrak.


Baca: Tutorial Membuat Splatter Effect di Photoshop Part 2

Nah disini anda sudah setengah berhasil merubah foto menso splatter, untuk effect cipratan warna dapat anda kunjungi link diatas. Sampai disini saja tutorialnya serta selamat mencoba.

Artikel Terkait