Tutorial Menciptakan Splatter Effect Di Photoshop Part 2

Tutorial photoshop splatter body effect part 2,- Splatter Effect ialah sebuah karya seni baik digital maupun lukisan yg mengkombinasikan bermacam-macam jenis warna yg tertuang dalam lukisan foto dengan pengaruh cipratan atau percikan warna. Splatter body effect menso sebuah karya yg cukup anggun serta indah alasannya ialah memadukan banyak unsur warna yg disokan satu dalam skema foto, yg menciptakan foto tersebut menyerupai lukisan di kanvas. Untuk menciptakan sebuah karya dengan pengaruh splatter atau percikan sanggup memakai media lukis atau dengan software editing gambar menyerupai photoshop.


Seperti kesepakatan saya pada postingan sebelumnya mengenai cara menciptakan splatter effect memakai photoshop, kali ini saya akan melanjutkan tutorialnya yaitu menambahkan splatter effect atau pengaruh menyerupai cipratan warna. Perlu diperhatikan, disini sebelum melaksanakan tutorial ini anda harus sudah menginstall "ink brushes" di photoshop anda, kemudian apa itu ink brushes?. Ink brushes ialah kuas tinta perhiasan pada tools brush di photoshop. Maksudnya disini ialah biasanya brush tools di photoshop secara standar hanya mempunyai macam serta bentuk brush yg masih biasa menyerupai lingkaran, daun, pensil serta lain-lain, namun bila sudah di install ink brushes bentuk brush akan bermacam-macam menyerupai cipratan warna, percikan air, tetesan serta lain-lain.

Bahan sebelum menciptakan splatter effect

  • Ink Brushes: Link
  • Watercolor brush: Link

Silahkan download serta install ink brushes diatas, untuk menginstallnya silahkan tutup dulu adobe photoshop anda kemudian install. Jika anda sesertag dalam pengerjaan silahkan save dulu, serta kalau berhasil photoshop akan terbuka dengan sendirinya. Ok, bila sudah di siapkan semuanya sanggup lanjut ke tutorial dibawah ini.

Baca: Tutorial menciptakan Splatter effect di photoshop part 1

Cara menciptakan splatter effect dengan photoshop part 2


1. Pertama silahkan buka project splatter effect anda, kemudian silahkan potong bab yg tidak di inginkan, untuk memotongnya anda sanggup mengunakan pen tools (P). Jika tidak silahkan buat grup dengan klik layer foto serta gambar abnormal sambil menekan tombol "Ctrl" pada keyboard kemudian tekan "Ctrl+G" untuk menciptakan Grup.


2. Setelah itu silahkan klik ikon "Create new layer" di pojok kanan bawah, maka otomatis akan terbuat layer gres dengan background transparan.


3. Langkah selanjutnya silahkan atur warna yg akan dipakai untuk gaya percikan (splatter), disini anda sanggup memakai "eyedropper tools (I)" untuk menyesuaikan warna menyerupai di foto. Jika sudah klik sajian "Brush Tools (B)" kemudian klik icon "Toggle the brush panel" untuk mempermudah pemakaian brush. Selanjutnya pilih bentuk atau jenis brush yg anda inginkan kemudian klik di bab foto yg sudah anda buat. untuk pola pengaturannya sanggup dilihat dibawah ini (klik untuk memperbesar gambar).


4. Untuk memperbagus splatter atau percikan anda sanggup mengganti warna serta bentuk brush yg anda inginkan. Jika bentuk brush yg dipakai tidak sesuai sanggup tekan (Ctrl+Z) untuk mengembalikan, lakukan terus sampai menghasilkan splatter sesuai harapan anda.


Nah begitulah cara menciptakan percikan atau splatter di foto, silahkan bereksperimen sendiri sesuai dengan apa yg anda inginkan. Sekian yg sanggup saya bagikan serta selamat mencoba.

Artikel Terkait