Sirkuit Terpadu - Pewaktu-555

Tags

(-TIMER 555 CALCULATOR-)
IC Timer 555, Sirkuit Terpadu (Chip) didesain serta diciptakan oleh Hans R. Camenzind tahun 1970 serta diperkenalkan tahun 1971 oleh Signeticsyg dipakai dalam banyak sekali Pewaktu, Waktu Tunda, Pembangkit Pulsa, Elemen Flip-Flop, serta Osilator. 

Derivatif menyediakan dua (556) serta empat (558) rangkaian waktu satu paket. Aslinya SE555/NE555 dijuluki "The IC Time Machine". Mendapatkan namanya dari Tiga Resistor 5kΩ yg dipakai pada sirkuit awal. Sampai kini masih dipakai secara luas dikarenakan kemudahannya, Kemurahannya serta Stabilitasnya yg baik.



Sampai tahun 2008, diperkirakan sejuta unit diunitsi setiap tahun. Bergantung pada vendor, Menggunakan lebih dari 20 Transistor, 2 Diode serta 15 Resistor dalam sekeping semikonduktor silikon pada kemasan DIP 8 Pin.

KONSTRUKSI TIMER-555

Paket Standar 555 meliputi 25 transistor, 2 dioda serta 15 resistor pada chip silikon yg dipasang dalam paket 8-pin dual in-line (DIP-8). Varian termasuk Timer 556 (DIP-14 dua 555 satu chip), serta 558/559 (Kedua-duanya DIP-16 empat Timer Fungsi-Rendah satu Chip).


Produsen yg memunitsi
 ➽  NE-555   
 ➽  LM-555   
 ➽  CA-555   
 ➽  SE-555   
 ➽  MC14555



TIMER-555 PINOUT

  1.  Ground
Terminal Dasar Sirkuit Eksternal serta power supply (Vcc)
Terminal tanah terhubung yaitu GND (Ground) terminal 555.

  2.  Trigger  
Pulsa Negatif pendek pada pin menyulut pewaktuan Ketika terminal Pemicu mendapat satu-Ketiga (1/3) tegangan suplai yaitu memicu pulsa negatif Vcc / 3 sama amplitudo, perubahan output rangkaian membentuk Rendah ke Tinggi.

  3.  Output
Output (keluaran), Selama pewaktuan, keluaran berada pada +VCC. Terminal ini dipakai untuk mendapat output serta terhubung dengan beban. Pada setiap saat, nilainya rendah atau tinggi.

  4.  Reset
interval pewaktuan sanggup disela dengan menunjukkan pulsa reset 0V Tanpa memperhitungkan keadaan sebelumnya dari output, dengan menunjukkan pemicu pulsa ke terminal ini me-reset perangkat. outputnya menso rendah.

  5.  Voltage Control
Memungkinkan untuk mengakses pembagi tegangan internal   (2/3 VCC)
Ada dua tegangan kasatmata sepertiga dari total tegangan Supply (Vcc) di terminal tegangan kontrol. Dengan demikian, menso bab dari rangkaian komparator. Umumnya, kapasitor terhubung antara tanah serta kontrol tegangan terminal.

  6.  Threshold
Menentukan simpulan pewaktuan (pewaktuan berakhir Vthr < 2/3 VCC)
Ambang tegangan serta kontrol tegangan yaitu dua input dari rangkaian komparator. Rangkaian membandingkan tegangan yg tersedia di terminal tegangan ambang dengan tegangan rujukan yg tersedia di terminal kontrol.

Jika tegangan yg tersedia di ambang terminal (Pin 6) lebih besar dari tegangan kontrol yaitu dua pertiga dari Vcc, output akan rendah, kalau tidak, itu akan menso tinggi.

  7.  Disharge
Waktu pembuangan muatan Kondensator memilih Interval Pewaktuan.
Ketika output rendah, maka Discharge terminal menyediakan jalan keluarnya resistansi rendah untuk kapasitor terhubung secara eksternal. Bertindak rangkaian terbuka, ketika Output tinggi.

  8.  +VCC
Positif  Supply Tegangan  yg harus di antara  3V hingga 15 V

PENGGUNAAN

Sirkuit, yg menunjukkan sinyal periodik untuk sistem digital yg mengubah keadaan dari sistem. Bekerja atas dasar perubahan Multivibrator, yg sanggup dipakai sebagai Multivibrator disebut Timer.

Sirkuit Terpadu Monolitik digital yg sanggup dipakai sebagai Clock Generator. Sirkuit yg dihubungkan sebagai Multivibrator Stable atau Monostable.

Perangkat serbaguna serta bermanfaat dalam sirkuit elektronik serta desain yg bekerja pada batas Stabil serta Monostable. Memberikan waktu tunda dari Mikrodetik hingga berjam-jam.

Sangat murah yg bekerja untuk banyak sekali perbedaan potensial (Dari 4,5 ke 15V DC) serta berbeda tegangan masukan tidak menghipnotis output waktu.

Perangkat Linear serta eksklusif terhubung ke CMOS atau TTL (Transistor - Transistor Logic) alasannya Kompatibilitas tapi, Interfacing yaitu keharusan untuk memakai pewaktu 555 dengan Sirkuit Digital lain.

TIMER-555 TESTER

IC-555-Timer-Calculator
With-formulas-amp-Equations-Tester

Aplikasi TIMER-555

Timer-555 ada di mana-mana serta chip termurah. Hadir sebagai TTL 555 serta beroperasi dari 4v menso sekitar 16-18v. (Jangan gunakan kurang dari 5.5v)

Sirkuit dalam chip memakan waktu sekitar 10mA - bahkan ketika output tidak menggerakkan beban. Tidak cocok untuk operasi baterai.

Timer-555 tersedia chip CMOS (ICM7555 - ICL7555 - TLC555) Beroperasi dari 2v hingga 18v serta mengambil 60uA ketika sirkuit di dalam chip dinyalakan. 

Timer-555 sebagai pengatur waktu tunggal dalam paket 8-pin atau pengatur waktu ganda (556) dalam paket 14 pin. 

ICM-7555 sebagai pengatur waktu tunggal dalam paket 8-pin atau pengatur waktu ganda (7556) dalam paket 14 pin.






Artikel Terkait